TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Turki-Amerika Serikat Mulai Patroli Bersama di Suriah, Ada Apa?

Berusaha menghindari bentrokan antara Turki dan Kurdi

hurriyetdailynews.com

Manbij, IDN TIMES - Militer Turki dan Amerika Serikat, pada hari Kamis (01/11/2018) mulai melakukan patroli bersama di Manbij, sebuah wilayah di utara Suriah.

Tujuan utama dari patroli bersama ini adalah untuk menghindari bentrokan senjata antara militer Turki dan sekutu Amerika Serikat, Kurdi, yang menjadi pion penting dalam penumpasan ISIS di Suriah, seperti yang dilansir dari Reuters.

Baca Juga: Pasukan Suriah Siap Menyerang Pemberontak di Wilayah Selatan

1. Perkembangan signifikan di Manbij

sputniknews.com

Ketegangan yang memuncak antara Turki dan Amerika Serikat di Suriah, terutama di wilayah Manbij, menjadi salah satu faktor konflik bekerpanjangan di Suriah. Meskipun Turki dan AS merupakan sekutu, keduanya memiliki perselisihan berat ketika berbicara tentang masalah Suriah.

Setelah Amerika Serikat menghentikan gerak laju pasukan Turki untuk menghancurkan kekuatan YPG (tentara Kurdi dan sekutu Amerika Serikat) di Manbij, hal tersebut membuat kedua kubu berada di jalan yang buntu.

Akhirnya karena melihat tidak adanya perkembangan, Turki dan AS menyetujui patroli bersama di Manbij dan penarikan mundur YPG secara bertahap dari wilayah tersebut, dikutip dari VOA.

2. Turki tetap bersikeras menumpas keberadaan tentara Kurdi

turkishminute.com

Walaupun Turki dan AS sudah menandatangani perjanjian mengenai nasib Manbij, militer Turki masih bersikeras akan tetap berusaha menumpas keberadaan YPG di Suriah. Turki menyatakan bahwa mereka sedang mempersiapkan serangan terbaru di dekat Manbij untuk menghancurkan YPG, dilansir dari Reuters.

Kebencian Turki terhadap YPG yang mereka anggap sebagai kelompok teroris adalah hasil dari serangkaian serangan teroris yang sering dilakukan PKK (partai Kurdi) di Turki dimana mendapat bantuan dari YPG.

Pemerintah Amerika Serikat terus berusaha mengalihkan konflik antara kedua sekutu mereka sehingga stabilitas dapat terjamin di Manbij dan Suriah.

Baca Juga: Konflik Memanas, Pemerintah Suriah Kembalikan Penghargaan dari Perancis

Verified Writer

Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya