TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sedang Krisis, Lebanon Tak Punya Dana Tangani Dampak Ledakan Beirut

Kerja sama dengan IMF jadi satu-satunya jalan?

Asap mengepul ke udara dari lokasi ledakan di Beirut, Lebanon, Selasa, 4 Agustus 2020 (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Azakir)

Jakarta, IDN Times - Menteri ekonomi Lebanon, Raoul Nehme, mengatakan kapasitas keuangan bank milik negara dan bank sentral di Lebanon "sangat terbatas" dalam menghadapi dampak dari ledakan dahsyat di gudang pelabuhan yang menghancurkan Beirut. Kondisi ini jika tanpa bantuan keuangan dari luar negeri.

"Kapasitas negara sangat terbatas Begitu juga dengan bank sentral dan bank-bank lainnya," kata Raoul dalam pernyataannya seperti dilansir ANTARA dari Reuters Kamis (6/8/2020). "Kami tidak bergelimang dengan uang dolar," kata Raoul lagi.

Baca Juga: Ledakan Beirut: Rumah Sakit Penuh Sesak, Donor Darah Sangat Mendesak

1. Kerja sama dengan IMF jadi satu-satunya jalan keluar untuk Lebanon

Dampak ledakan di Beirut, Lebanon (ANTARA FOTO/Karim Sokhn/Instagram/Ksokhn + Thebikekitchenbeirut/via REUTERS)

Menurutnya, sejumlah negara telah berinisiatif untuk membantu Lebanon. Nilai kerusakan akibat ledakan tersebut ditaksir mencapai miliaran dolar Amerika.

Raul juga menyebutkan kerja sama dengan IMF menjadi satu-satunya jalan keluar bagi Lebanon. Menurut Raoul, Lebanon sudah mengalami krisis nilai tukar terhadap dolar dan krisis keuangan bahkan sebelum ledakan di Beirut terjadi.

2. Belum ada kejelasan antara perjanjian IMF dengan Lebanon

Twitter

Namun, belum ada kejelasan apakah peristiwa tersebut akan mengubah negosiasi alot antara Lebanon dengan IMF. 

Sejak Mei, IMF dan Lebanon telah mencoba menyusun kesepakatan tentang paket dana talangan yang lebih besar untuk membendung krisis keuangan di Lebanon. Perundingan tersebut mengalami hambatan karena belum ada kesepakatan mengenai segala kerugian finansial dalam sistem perbankan Lebanon.

Krisis keuangan ini dianggap menjadi ancaman besar bagi stabilitas negara terutama sejak perang saudara di Lebanon.

Baca Juga: Detik-detik Ledakan Dahsyat Beirut Saat Pemotretan Sepasang Pengantin

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya