TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menteri Israel Kunjungi Al-Aqsa, Wapres Ma'ruf: Langgar Kesepakatan

Wapres mengutuk kunjungan Menteri Israel itu ke Al-Aqsa

Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setpwapres)

Jakarta, IDN Times -  Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir yang melakukan kunjungan ke kompleks Masjid Al-Aqsa pada Selasa (3/1/2023). Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, mengutuk kunjungan Itamar ke Masjid Al-Aqsa itu.

"Kalau ini melanggar kesepakatan internasional, harus diperingatkan," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga: Negara-negara Arab Kecam Kunjungan Menteri Israel ke Al Aqsa

Baca Juga: Indonesia Kutuk Kunjungan Menteri Israel ke Al Aqsa

1. Ma'ruf desak PBB beri peringatan kepada Israel

Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Ma'ruf kemudian meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperingatkan Israel. Sebab, kunjungan Itamar itu dapat mempengaruhi stabilitas dan keamanan di kawasan tersebut.

Dia meminta kepada Israel untuk tidak memulai konflik. Sebab, dunia saat ini juga sedang terpengaruh akibat adanya perang Rusia dan Ukraina.

"Kita sudah dalam keadaan tidak baik-baik saja. Sudah ada perang Rusia-Ukraina, jangan ditambahkan lagi nanti dunia ini akan dihebohkan hal-hal yang baru mengganggu ketenangan," ucap dia.

2. Negara-negara Arab kecam kunjungan menteri Israel ke Al-Aqsa

Pixabay.com

Sebelumnya, Arab Saudi bersama sejumlah negara Teluk lain, serta Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengecam keras kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir ke Kompleks Masjid Al Aqsa.

"Kementerian Luar Negeri menyampaikan kecaman Kerajaan Arab Saudi atas tindakan provokasi pejabat Israel yang masuk ke kompleks Masjid Al Aqsa," sebut pernyataan Kemlu Arab Saudi, dikutip dari Arab News, Kamis (5/1/2023).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya