TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wilayah Udara Swiss Dibuka Kembali Setelah Kerusakan Teknis Sistem

Bandara di Jenewa dan Zurich membuka penerbangan bertahap

Bandara Internasional Zurich di Swiss. (unsplash.com/Fabian Joy)

Jakarta, IDN Times - Swiss kembali membuka wilayah udaranya pada Rabu (15/6/2022), setelah menangguhkan penerbangan selama beberapa jam. Penutupan itu demi alasan keamanan karena kerusakan teknis, yang disebabkan adanya kegagalan komputer di layanan kontrol lalu lintas udara Skyguide.

Sebelumnya, Skyguide mengatakan bahwa penutupan wilayah udara akan berlaku sampai pemberitahuan selanjutnya, setelah kerusakan teknis yang terjadi pada pagi hari.

Baca Juga: Swiss Larang Denmark Kirimkan Senjata Buatannya ke Ukraina

Baca Juga: Fakta Sungai Aare di Swiss, Tempat Anak Ridwan Kamil Hanyut

1. Penutupan wilayah udara dicabut pada pukul 08.30 pagi waktu setempat

Imbas dari penutupan wilayah udara Swiss, menyebabkan beberapa penerbangan harus dialihkan ke Milan di Italia Utara.

Namun, beberapa jam kemudian penutupan wilayah udara dicabut pada pukul 08:30 pagi waktu setempat. Lalu lintas udara di atas Swiss dilanjutkan bersama dengan operasi di dua bandara nasional, yakni bandara Jenewa dan Zurich.

Dalam sebuah pernyataan, Skyguide mengungkapkan penyesalannya terkait insiden ini yang tidak hanya berdampak pada pelanggan dan mitranya, tetapi juga penumpang di dua bandara nasional, dikutip dari AP News.

Baca Juga: AS Aktifkan Kembali Penerbangan Sipil ke 9 Provinsi di Kuba

2. Terjadi kekosongan penerbangan di atas wilayah udara Swiss

Bandara Jenewa sendiri melaporkan bahwa beberapa penerbangan telah dibatalkan, namun lalu lintas secara bertahap mulai dilanjutkan pada pukul 08.30.

Menurut juru bicara Skyguide, Vladi Barrosa, masalah teknis merupakan kesalahan yang berasal dari perangkat keras dan mereka tidak percaya bahwa sistem mereka telah diretas. Namun, kerusakan teknis di Skyguide akhirnya dapat diselesaikan, BBC melaporkan.

Dari unggahan pelacak penerbangan, Flightradar24 di akun Twitter-nya, terlihat gambar lalu lintas udara di seluruh Eropa Barat dan memperlihatkan kekosongan penerbangan di atas wilayah udara Swiss.

Verified Writer

Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya