TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yoshihide Suga Mengundurkan Diri dari Jabatan PM Jepang

Ia tidak mendaftar sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga (Instagram.com/suga.yoshihide)

Jakarta, IDN Times – Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dikabarkan akan mengundurkan diri dari jabatannya. Dalam laporan NHK pada Jumat (3/9/2021), Suga disebut tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa akhir bulan ini.

Langkah tersebut akan memungkinkan seseorang menggantikannya di posisi yang baru ia jabat satu tahun tersebut.

Baca Juga: Suga Resmi Jadi PM Jepang, Program Shinzo Abe Jalan Terus

1. Peringkat dukungan untuk Suga turun

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga (Instagram.com/suga.yoshihide)

Suga menjadi perdana menteri Jepang setelah Shinzo Abe mengundurkan diri September lalu dengan alasan kesehatan yang buruk.

Menurut Al-Jazeera, peringkat dukungan Suga telah turun di bawah 30 persen ketika Jepang berjuang menghadapi gelombang infeksi COVID-19 terburuk menjelang pemilihan umum tahun ini.

Baca Juga: Yoshihide Suga, Anak Petani Stroberi yang Jadi Perdana Menteri Jepang

2. Suga menghadapi kecaman

Kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa, 20 Oktober 2020. PM Yoshihide Suga dan Ibu Mariko Suga disambut oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung di tangga pesawat (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Suga juga disebut menghadapi kecaman domestik yang intens setelah memutuskan untuk melanjutkan menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo di tengah keadaan darurat kesehatan sedang berlangsung karena pandemik.

Padahal, ketika Suga menjadi perdana menteri tahun lalu, para analis memprediksi berbagai kualifikasinya akan memabantu dalam menghadapi tantangan berat yang dihadapi Jepang. Ini terkait pengetahuannya tentang kompleksitas birokrasi Jepang dan keterampilannya dalam membuat kesepakatan politik karena lama menjabat sebagai tangan kanan Abe.

Baca Juga: Terpilih Jadi PM Jepang, Ini Tantangan yang Dihadapi Yoshihide Suga 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya