TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berkat Ibu, Penyandang Disabilitas Ini Diterima di Harvard

Mengharukan...

Handout via South China Morning Post

Anak yang menyandang disabilitas seringkali disepelekan dan diyakini takkan mampu berbuat banyak dalam hidup. Namun, berbeda dengan penyandang disabilitas ini. Namanya Ding Ding. Pria berusia 29 tahun yang berasal dari Tiongkok ini diterima sebagai mahasiswa di Harvard University, Amerika Serikat, pada 2016 lalu. Semuanya berkat perjuangan sang ibu.

Baca Juga: Standar Kebersihan Kota ini Ekstrem, Sampai Debu pun Ditimbang!

Ibu Ding sempat disarankan untuk menyerah.

Handout via South China Morning Post

Seperti dilaporkan South China Morning Post, ibu Ding yang bernama Zou Hongyan mengalami komplikasi ketika melahirkan sang putra pada 1988 yang menyebabkan sang putra lahir tak normal. Dokter yang menangani sempat menyarankan Zou untuk menyerah karena menurutnya usaha untuk menyelamatkan Ding akan sia-sia.

Pasalnya, dokter meyakini ia akan tumbuh dengan kecerdasan di bawah rata-rata. Bahkan suami Zou juga menyetujui saran dokter tersebut. Sang suami berkata Ding kelak hanya akan menjadi beban keluarga saja. Namun, Zou menolak untuk menuruti perkataan dokter dan suaminya itu. Akibatnya, ia harus bercerai dari suaminya.

Ia berjuang tak kenal lelah untuk mendidik Ding.

Handout via South China Morning Post

Usai bercerai, Zou harus banting tulang untuk menghidupi dirinya dan sang putra. Ia mengambil beberapa pekerjaan penuh waktu dan paruh waktu sekaligus. Di waktu senggang, ia membawa Ding ke pusat rehabilitasi tak peduli apapun cuacanya.

Ia juga mengajari Zou beberapa permainan yang menstimulasi inteligensi. Tak hanya itu saja. Zou juga bersikeras untuk melatih Ding cara makan menggunakan sumpit. Sebabnya adalah Ding sangat kesulitan mengoordinasikan pergerakan tangannya.

Keluarga berkata Ding tak harus bisa memakai sumpit. Namun, menurut Zou, akan lebih sulit untuk menjelaskan kepada orang asing mengapa Ding tak bisa melakukannya tanpa menyinggung keterbatasan yang dimiliki sang putra.

Baca Juga: Tiongkok Larang Orangtua Beri Nama Islam kepada Anak

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya