TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9000 Orang Patungan Demi Selamatkan Kastil Cantik Ini

Masing-masing orang hanya perlu mendonasikan Rp 800 ribu.

Youtube

Paris, IDN Times - Pada umumnya, seseorang perlu memiliki uang miliaran rupiah jika ingin membeli sebuah kastil cantik. Apalagi jika kastil tersebut sudah berusia ratusan tahun. 

Hal inilah yang terjadi pada sebuah kastil di Prancis yang dibangun pada abad 13. Kastil bernama La Mothe-Chandeniers itu terancam dirobohkan karena pemiliknya mengalami kesulitan dana untuk  perawatan. 

Namun, berkat sebuah lembaga pendanaan bernama Dartagnans, kini ada lebih dari 9.000 orang yang tak perlu jadi miliarder dulu untuk menjadi pemilik sebuah kastil. Mereka patungan dana demi menjaga keberadaan bangunan tersebut.

Baca juga: Tunawisma Ini Dapat Rp 4 Miliar Usai Bantu Seorang Perempuan

Masing-masing orang hanya perlu mendonasikan minimal Rp 800 ribu.

Youtube

Ceritanya berawal dari temuan Dartagnans bahwa nasib kastil La Mothe-Chandeniers yang dibangun di abad 13 di ujung tanduk. Pasalnya, kastil itu tak pernah secara resmi diklasifikasikan sebagai bangunan bersejarah. Alhasil, tak ada dana dari pemerintah untuk merawat dan merenovasinya.

Dartagnans pun membuat inisiatif melalui situsnya untuk mengajak sebanyak mungkin orang mendonasikan sejumlah uang agar kastil cantik itu bisa diselamatkan. Hingga saat ini ada 9.858 orang yang masing-masing mendonasikan minimal Rp 800 ribu demi membantu misi itu.

Dalam waktu kurang dari dua bulan, Dartagnans berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 13 miliar. Uang itu akan dipakai untuk membeli kastil La Mothe-Chandeniers, merenovasi dan merawatnya. Tak hanya menyelamatkan kastil yang punya nuansa seperti di negeri dongeng, setiap donatur akan ditawarkan saham perusahaan yang nantinya mengurusi kastil itu dan membukanya untuk umum.

Baca juga: Dunia Mendonasikan Buku untuk Perpustakaan di Irak yang Dibakar ISIS

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya