TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Mau Disalahkan Sendiri, Facebook Seret Twitter dan Google

Publik belum sepenuhnya paham tentang konsekuensi dari aktivitas di internet.

The Guardian

Los Angeles, IDN Times - Facebook tampak tidak ikhlas dianggap sebagai satu-satunya pihak yang bisa membaca dan mengoleksi data pengguna internet. David Baser, Direktur Manajemen Produk Facebook, menulis dalam sebuah blog bahwa platform lain juga melakukan apa yang dilakukan pihaknya.

Baca juga: Dipergunakan untuk Perseteruan Antaragama, Pemerintah Wacanakan Blokir Facebook

1. Baser menyeret Twitter, Google serta Pinterest

unsplash.com/Rohit Tandon

Salah satu pertanyaan anggota Kongres kepada Mark Zuckerberg adalah apakah Facebook masih bisa mendapatkan informasi pengguna meski ia tak sedang log in di platform tersebut. Baser menulis, "Saat kamu mengunjungi sebuah situs atau aplikasi yang menggunakan layanan kami, kami menerima informasi meski kamu sudah log out atau tak memakai akun Facebook."

"Twitter, Pinterest dan LinkedIn punya tombol Like dan Share serupa untuk membantu orang membagikan apa saja di layanan mereka," lanjutnya. Baser kemudian mencontohkan bagaimana masing-masing platform beroperasi seperti Facebook dalam mendapatkan data pengguna.

"Google punya layanan analytics populer. Dan Amazon, Google serta Twitter menawarkan fitur log in. Perusahaan-perusahaan ini-dan banyak lainnya-juga menawarkan layanan iklan. Faktanya, mayoritas situs dan aplikasi mengirim informasi sama ke sejumlah perusahaan setiap kali kamu mengujunginya."

2. Informasi yang diterima YouTube bisa jadi sama dengan yang diperoleh Facebook

ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Baser menjelaskan bahwa browser yang dipakai pengguna, baik Chrome maupun Firefox, akan mengirimkan informasi kepada situs yang dikunjungi. Kemudian, situs tersebut juga akan menerima informasi terkait browser serta pengguna.

Ia mencontohkan YouTube. "Saat kamu menonton sebuah video YouTbe di situs yang bukan YouTube, situs itu memberitahu browser untuk meminta video dari YouTube. YouTube kemudian mengirimkannya kepadamu," tulis Baser.

Baca juga: Zuckerberg Akui Facebook Simpan Seluruh Data Pengguna

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya