TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Polisi Myanmar Ditahan Karena Rekam Penyiksaan Terhadap Warga Rohingya

Keji!

Getty Images via bbc.com

Sejak beberapa hari terakhir, video yang berisi pemukulan warga Rohingya oleh anggota kepolisian Myanmar beredar luas di Facebook. Dalam video tersebut terlihat jelas bagaimana kekejian aparat keamanan yang semestinya menjadi penegak hukum.

Baca Juga: Myanmar Raih Predikat Penjahat Kemanusiaan Terburuk

Warga Rohingya yang tak bersenjata dipukuli bahkan diinjak oleh petugas kepolisian.

Roni Bintang/REUTERS

The New York Times melaporkan bahwa video tersebut menunjukkan dua orang petugas kepolisian Myanmar yang memukuli dan menendang warga Rohingya, bahkan anak-anak, yang tak bersenjata. Tak hanya dengan tangan kosong, salah satu petugas bahkan tampak melecut korban dengan sebuah senjata militer. Ketika kejadian ini terjadi, beberapa petugas lainnya hanya menyaksikan dengan pasif. Dalam video tersebut juga nampak puluhan warga Rohingya yang dikumpulkan dan dipaksa duduk di tanah dengan kepala menunduk.

Pemerintah Myanmar dikabarkan telah menahan empat petugas kepolisian akibat peristiwa ini.

Mohammad Ponir Hossain/REUTERS/ANTARA FOTO

Setelah video itu mendapat banyak perhatian dari pengguna Facebook dan Youtube, pemerintah Myanmar mulai beraksi. Seperti dikutip dari The Guardian, pemerintah Myanmar dikabarkan telah menahan empat petugas kepolisian yang terlibat dalam insiden tersebut -- termasuk yang merekamnya dengan kamera telepon genggam.

Aung San Suu Kyi yang dianggap sebagai pemimpin de facto Myanmar menyampaikan pernyataan kepada media bahwa pemerintah Myanmar akan melakukan investigasi berkaitan dengan insiden pemukulan warga Rohingya yang terekam kamera tersebut. Pihaknya juga menyebut bahwa video itu diambil pada 5 November 2016 saat "operasi pembersihan" di Desa Kotankauk, Rakhine.

Baca Juga: Pejabat Senior PBB: Myanmar Sedang Melakukan Upaya Pembersihan Etnis Rohingya

 

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya