TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kondisinya Membaik, PM Boris Johnson Dibolehkan Pulang dari RS

PM Johnson dirawat selama satu pekan karena COVID-19

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meninggalkan Downing Street di London, Inggris, pada 12 Februari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay)

Jakarta, IDN Times - Usai sempat dirawat di RS St. Thomas di London, Inggris selama satu pekan, PM Boris Johnson dibolehkan pulang. Johnson sempat dilarikan ke rumah sakit karena gejala akibat COVID-19 tidak juga membaik. Pemimpin Inggris berusia 55 tahun memilih karantina mandiri ketika ia dinyatakan tertular virus Sars-CoV-2 itu. 

Konfirmasi PM Johnson boleh meninggalkan rumah sakit pada Minggu (12/4) disampaikan oleh juru bicara kantor PM yang berlokasi di Downing Street nomor 10. 

"Perdana Menteri telah diizinkan pulang dari rumah sakit dan melanjutkan proses pemulihan di Chequers," demikian keterangan tertulis jubir PM dan dikutip harian The Guardian

Chequers merupakan lokasi apartemen tempat ia akan kembali mengisolasi diri. Menurut saran dari tim medisnya, kendati PM Johnson sudah boleh meninggalkan rumah sakit, ia belum bisa bekerja. 

Lalu, bagaimana pengaturan roda pemerintahan Inggris pada pekan depan?

Baca Juga: PM Inggris Boris Johnson Masuk ICU! Kondisi Memburuk Akibat COVID-19 

1. Menlu Dominic Raab masih akan menjalankan tugas-tugas PM Johnson untuk sementara waktu

(Menlu Inggris Dominic Raab) Pippa Fowles/10 Downing Street via EPA-EFE

Menurut laporan harian The Guardian, Menlu Dominic Raab masih akan melanjutkan tugasnya untuk menjalankan sementara waktu roda Pemerintahan Inggris. Ketika menggantikan PM Johnson sementara waktu, Menlu Raab sudah memutuskan agar Inggris memperpanjang masa karantina wilayah untuk mengatasi pandemik virus corona. Ia juga diprediksi akan diminta untuk mengambil keputusan hingga kapan lockdown akan dipertahankan di Inggris. 

Posisi PM Johnson yang untuk sementara waktu masih diisi oleh Menlu Raab sesuai dengan saran dari tim medis. 

"Brdasarkan masukan dari tim medis, PM tidak segera kembali bekerja. Namun, ia mengucapkan terima kasih di RS St Thomas atas perawatannya yang brilian," kata juru bicara kantor PM. 

Selama dirawat di RS St. Thomas, kondisi Johnson sempat memburuk. Pada (6/4) lalu, ia sempat dipindahkan ke ruang perawatan intensif. Ia berada di sana selama tiga malam dan bernafas tanpa bantuan ventilator. 

2. Tunangan PM Johnson yang tengah mengandung juga ikut melakukan isolasi diri

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dengan kekasihnya Carrie Symonds sebelum pertandingan antara Inggris melawan Wales dalam Six Nations Championship di Twickenham Stadium, London, Inggris, pada 7 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville

Kabar baik PM Johnson keluar dari rumah sakit disambut suka cita oleh sang tunangan, Carrie Symonds. Stasiun berita BBC Minggu (12/4) melaporkan Symonds kini juga tengah melakukan isolasi diri dan hamil besar. Kendati tinggal satu atap dengan Johnson, namun menurut laporan BBC, ia belum melakukan tes COVID-19. 

Symonds mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para petugas medis di Inggris melalui media sosial. 

"Saya tidak akan cukup mengucapkan rasa terima kasih kepada semua petugas medis. Staf di RS St. Thomas benar-benar hebat. Saya tidak akan dapat membalas kalian semua dan tidak akan pernah berhenti mengucapkan terima kasih ke kalian," demikian cuitan Symonds pada hari ini. 

Baca Juga: Ciri-ciri Hidden Carrier Virus Corona, Tampak Sehat tapi Membawa Virus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya