TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wabah Virus Corona Sudah Masuk ke Benua Afrika 

Satu orang telah terjangkit corona di Mesir

Ilustrasi petugas medis menangani pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Jakarta, IDN Times - Virus corona resmi ikut menjangkit di Benua Afrika. Stasiun berita Al Jazeera, Jumat (14/2), melaporkan satu orang positif terjangkit virus mematikan itu. Juru bicara Kementerian Kesehatan Mesir, Khaled Mugahed mengatakan satu orang yang terjangkit virus itu merupakan warga asing yang tidak menunjukkan gejala apapun. 

Pemerintah bisa mengetahui ada warga asing yang terjangkit virus corona dari program yang diberlakukan bagi para pelancong yang datang dari negara-negara tertentu di mana virus itu sudah dideteksi. Dengan begitu, maka Mesir menjadi negara kedua di kawasan Timur Tengah yang telah masuk terdeteksi virus corona. Sebelumnya, bulan lalu Uni Emirat Arab telah mengkonfirmasi satu pasien yang terjangkit virus itu. 

Lalu, bagaimana kondisi satu warga asing yang berada di Mesir tersebut?

Baca Juga: [UPDATE] Virus Corona Sudah Renggut 1.500 Lebih Nyawa Per Hari Ini!

1. Warga asing yang tiba di Mesir itu sudah diisolasi

Seorang pria menggunakan masker sambil mengendarai sepeda, di negara yang dilanda wabah virus corona, di Beijing, Tiongkok, pada 12 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Menurut informasi dari Kemenkes di Mesir, satu warga asing itu sudah diisolasi di ruang khusus di rumah sakit. Namun, tidak disebutkan ia dirawat di rumah sakit mana. 

Kemenkes juga tidak menyebut identitas pasien dan kewarganegaraannya. Mereka hanya menyebut pasien diberikan perawatan yang sesuai dengan prosedur badan kesehatan dunia (WHO). 

2. WHO mencatat 67.100 kasus virus corona dan telah menyebabkan 1.526 kematian

Seorang penjaga memakai masker pelindung berdiri di samping pintu kereta bawah tanah menyusul penularan virus corona baru, di Beijing, Tiongkok, pada 12 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang

Data yang dimiliki oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dan dikutip dari harian Hong Kong, South China Morning Post (SCMP) menyebut saat ini sudah ada 67.100 kasus virus corona yang tersebar di 29 negara. Total pasien yang meninggal per Sabtu (15/2) sudah mencapai 1.526. Dari 1.526 kematian itu, sebanyak 1.523 orang tercatat tewas di dataran Tiongkok. Sementara, masing-masing satu orang tewas di luar Tiongkok yakni di Filipina, Hong Kong dan Jepang. 

Baca Juga: Merinding! Video Penghuni Apartemen di Wuhan Teriak ‘Wuhan, Jiayou!’

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya