TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Presiden Ukraina Terima Ancaman Pembunuhan

Ancaman muncul lewat pesan di Telegram

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. (twitter.com/ZelenskyyUa)

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menerima ancaman pembunuhan. Bahkan, ancaman tersebut sudah meningkat pada upaya untuk mengeliminir Zelenskyy.

Hal tersebut terkuak lewat unggahan telegram kanal otoritas Ukraina sepanjang Selasa (1/3/2022). Pihak Ukraina mengklaim upaya pembunuhan terhadap Zelenskyy sudah digagalkan.

Mereka mengetahui rencana tersebut setelah mendapatkan pesan dari salah satu anggota Dinas Intelejen Rusia yang tak mendukung invasi ke Ukraina.

Baca Juga: Ukraina Sebut Rusia Gunakan Bom Vakum, Daya Rusaknya Lebih Besar

1. Operasi dilakukan pasukan khusus dari Chechnya

Seorang anggota tentara Rusia menembakkan sebuah howitzer dalam latihan militer di Kuzminsky di selatan Rostov, Rusia, Rabu (26/1/2022). ANTARA FOTO/Sergey Pivovarov/File Photo.

Menteri Pertahanan dan Keamanan Ukraina, Oleksiy Danilov, menjelaskan kalau upaya pembunuhan terhadap Zelenskyy hendak dijalankan oleh pasukan elite asal Chechnya, Kadyrovites.

Danilov menuding Kadyrovites sudah menyusun skenario untuk membunuh Zelenskyy. Menurut Danilov, eksekusi terhadap Zelenskyy juga akan dilakukan oleh salah satu agen terbaik Kadyrovites.

"Kami mendengar adanya operasi khusus yang bertujuan membunuh Presiden," kata Danilov dikutip Axios.

Baca Juga: Presiden Ukraina Desak Uni Eropa Buktikan Dukungannya

2. Ukraina hentikan ancaman

Seorang tentara Ukraina menggunakan periskop saat mengamati area pada posisi garis depan dekat desa Travneve di wilayah Donetsk, Ukraina, Senin (21/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Gleb Garanich.

Danilov menyatakan kalau ancaman itu sudah dihentikan. Pasukan Chechnya yang tergabung dalam Kadyrovites, telah dieliminir di kawasan Gostomel.

Bahkan, Danilov menuturkan, mereka dihentikan pergerakannya dengan dihujani bom saat beroperasi di kawasan lain.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya