TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Alasan Indonesia Beli Pesawat Tempur dari Prancis 

Pesawat tempur Rafale sedang singgah di Jakarta

Pesawat Rafale, pesawat tempur buatan Prancis. (IDN Times/Sonya Michaella)

Jakarta, IDN Times - Memperkuat pertahanan negeri menjadi salah satu alasan utama Indonesia membeli pesawat tempur dari Prancis.

Hal ini diungkapkan Wakil Menteri Pertahanan RI, M. Herindra, saat menyambut kedatangan Misi Pegasus 2022 Prancis yang membawa tiga pesawat tempur Rafale, satu pesawat Angkut A-400M, dan dua pesawat 330 MRTT.

Baca Juga: Singgah di Jakarta, Begini Rupa Pesawat A330 MRTT Prancis

1. Indonesia harus memiliki AU yang kuat

Wakil Menteri Pertahanan RI, M. Herindra dan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard (IDN Times/Sonya Michaella)

Herindra mengungkapkan, langkah ini dilakukan dalam upaya memperkuat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kita dari Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Udara akan melihat beberapa pesawat yang akan menjadi milik kita. Di antaranya yaitu A400 dan pesawat Rafale. Ini merupakan sebuah terobosan karena melihat situasi, sekali lagi kita harus memiliki angkatan yang kuat,” kata Herindra di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Ia menegaskan, bahwa pemerintah terus berupaya untuk mencari solusi demi mewujudkan pertahanan udara yang kuat.

2. Mencari alutsista yang terbaik

Kemenhan RI, AU Prancis dan TNI AU berfoto bersama. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Herindra menambahkan bahwa Indonesia juga selalu mencari alutsista yang terbaik untuk memperkuat pertahanan.

“Sekarang kan kita baru A400, ke depan dalam memperkuat keamanan dan pertahanan, kita akan mencari alutsista yang terbaik,” ungkapnya.

“Kita selalu mencari solusi, bagaimana memperkuat pertahanan kita, dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan memberikan pengalaman yang berguna, khususnya bagi angkatan udara kita,” lanjut dia.

Baca Juga: Misi Pegasus 2022: Prancis Unjuk Gigi di Indo-Pasifik 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya