TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Labuan Bajo Ditargetkan Jadi Lokasi KTT ASEAN

Pemerintah ingin mempromosikan kawasan lain di Indonesia

Wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (dok. Kemenparekraf)

Jakarta, IDN Times - Labuan Bajo digadang-gadang akan menjadi tempat dilaksanakannya KTT ASEAN 2023 yang kini keketuaannya dipegang oleh Indonesia. Tahun lalu, sebagai presiden G20, Indonesia menjadikan Bali sebagai lokasi perhelatan KTT G20.

Indonesia menjabat keketuaan ASEAN per 1 Januari 2023 lalu. KTT ASEAN sendiri akan digelar selama dua kali yakni bulan Mei dan September.

Baca Juga: Timor Leste Perdana Ikut Pertemuan Menlu ASEAN Bulan Depan 

1. Mempromosikan kawasan lain di Indonesia

Direktur Jenderal ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Arto Suryodipuro. (IDN Times/Sonya Michaella)

Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Sidharto Suryodipuro mengatakan, meski belum ditentukan secara resmi, tetapi Labuan Bajo adalah salah satu lokasi yang memiliki kans besar untuk penyelenggaraan KTT.

“Belum secara resmi, tapi memang Labuan Bajo salah satu tempat yang punya kans besar jadi lokasi penyelenggaraan KTT. Ini menjadi prioritas dan perhatian pemerintah terhadap berbagai wilayah lain di Indonesia,” kata Arto, biasa ia disapa, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (19/1/2023).

Menurut Arto, ada kepentingan untuk menarik perhatian dunia kepada wilayah lain, dan Labuan Bajo salah satu target utamanya.

2. Pertemuan Menlu ASEAN pertama digelar di Jakarta

Gedung Sekretariat ASEAN (ASEC). (twitter.com/ASEAN)

Sementara itu, Arto juga mengonfirmasi bahwa pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pertama akan digelar di Jakarta, pada 3-4 Februari 2023 mendatang.

Untuk pertama kalinya pula, Timor Leste akan mengirim menteri luar negerinya untuk mengikuti pertemuan Menlu ASEAN yang akan digelar di Sekretariat ASEAN ini.

Pertemuan menlu ASEAN ini akan mengawali rangkaian keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya