TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rusia Tembak Jatuh Roket Ukraina Pasokan AS 

Namun tak dirinci roket ini ditembak di mana

Sebuah tank Angkatan Bersenjata Ukraina terlihat saat latihan militer di lapangan latihan di Dnipropetrovsk, Ukraina, dalam foto yang disiarkan Selasa (8/2/2022). ANTARA FOTO/Press Service of the Ukrainian Armed Forces General Staff/Handout via REUTERS.

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan telah menembak jatuh roket jarak jauh Ukraina yang merupakan roket bantuan dari Amerika Serikat (AS).

“Pasukan Pertahanan Rusia menembak jatuh sebuah roket berpemandu GLSDB,” sebut Kemenhan Rusia, dikutip dari Al Arabiya, Kamis (30/3/2023).

Roket ini berdiameter kecil yang diluncurkan dari daratan Ukraina dan merupakan produksi Boeing serta Saab Group. Roket ini dipasok Washington ke Kiev sejak tahun lalu.

Baca Juga: Zelenskyy Undang Xi Jinping Lihat Kondisi Ukraina 

1. Tak dirinci ditembak di mana

Meski demikian, Kemenhan Rusia tidak merinci di mana pasukannya menembak jatuh roket tersebut.

Sementara, penyebaran roket GLSDB sendiri cukup luas di mana mayoritas ditempatkan Ukraina di bagian timur.

Pertempuran antara Rusia dan Ukraina saat ini pun kembali memanas dan berpusat di Kota Bakhmut. Ukraina mengklaim mereka akan tetap bertahan di wilayah Donetsk agar bisa memukul mundur pasukan Moskow.

2. Kondisi Bakhmut bisa merugikan Rusia

Seorang komandan Ukraina menyatakan bahwa pertempuran yang terjadi di Kota Bakhmut semakin stabil.

Jenderal Zaluzhnyi mengatakan, meski situasi di garis depan Ukraina sangat sulit, namun berkat upaya besar pasukan pertahanan, mereka berhasil menstabilkan situasi tersebut.

Saat ini, Moskow dinilai sangat ingin memenangkan pertempuran di Bakhmut, setelah beberapa waktu terakhir gagal mencapai kemajuan signifikan. Analis militer juga mengatakan, kota Bakhmut sekarang hanya memiliki sedikit nilai strategis dan lebih penting secara simbolis bagi Rusia.

Baca Juga: Perang Rusia-Ukraina Terkini: Sengit di Bakhmut! 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya