TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

China Berjanji Promosikan Perdamaian dan Stabilitas Dunia

Tapi kampanye militer China semakin agresif

Presiden China Xi Jinping (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Jakarta, IDN Times – Presiden China Xi Jinping berjanji negaranya akan selalu menjunjung perdamaian dunia dan tatanan internasional. Pernyataan itu disampaikan Xi pada Senin (25/10/2021), di tengah kekhawatiran Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain atas kampanye militer Beijing yang semakin agresif.

“China akan berkontribusi pada perdamaian dunia dan melindungi stabilitas internasional,” ujar Xi pada perayaan 50 tahun kembalinya China ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dikutip dari Xinhua.

Baca Juga: Biden Ungkap Xi Jinping Setuju Patuhi Perjanjian Taiwan

1. China menentang segala bentuk hegemoni dan unilateralisme

Xi Jinping melambaikan tangan didampingi Presiden Nepal Bidhya Devi Bhandari untuk berpamitan setelah menyelesaikan kunjungan kenegaraan selama dua hari, di Kathmandu, Nepal, pada 13 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Prakash Mathema/Pool via REUTERS

Sebagai informasi, pada 1971 PBB memilih untuk mengakui Republik Rakyat China, kemudian mengeluarkan Taiwan dari badan dunia.

Selain Taiwan, China juga bergulat dengan banyak negara soal klaim teritori, termasuk perbatasan di Himalaya dengan India, kepemilikan Laut China Selatan dengan beberapa negara Asia Tenggara, dan sengketa dengan Jepang soal klaim Laut China Timur.  

"China dengan tegas menentang semua bentuk hegemoni dan politik kekuasaan, unilateralisme dan proteksionisme," kata Xi, menyerukan kerja sama global yang lebih besar pada isu-isu sensitif seperti konflik regional, terorisme, perubahan iklim, keamanan siber, dan biosekuriti.

2. China minta seluruh negara ikut mengkampanyekan nilai-nilai kemanusiaan

ANTARA FOTO/REUTERS/Juan Medina

Beberapa pekan lalu, provokasi militer China terhadap negara tetangganya mencuri perhatian komunitas internasional. Taiwan menanggapi kampanye militer itu sebagai provokasi terburuk dalam 40 tahun terakhir.

Pada perayaan 100 tahun kekuasaan Partai Komunis China, Xi berharap negara di seluruh dunia ikut mengkampanyekan nilai-nilai kemanusiaan, pernyataan yang justru berbanding terbalik dengan provokasi militer China dan kebijakan di dalam negerinya.

Baca Juga: Taiwan: Kami Gak Akan Mulai Perang Lawan China, Tapi Kami Siap Perang!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya