TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inggris-Jerman Tambah Pasukan Militer NATO di Eropa Timur

Total ada 700 personel militer tambahan

ilustrasi pasukan NATO (Twitter.com/NATO)

Jakarta, IDN Times – Inggris dan Jerman memutuskan mengirim tambahan militer untuk pasukan NATO yang bersiaga di kawasan Eropa Timur. Jerman akan mengirim 350 tentara ke Lituania.

“Dengan demikian, kami memperkuat kontribusi kami dalam hal kekuatan di sayap timur NATO dan mengirimkan sinyal yang jelas kepada sekutu bahwa Jerman dapat diandalkan,” kata Menteri Pertahanan Jerman, Christine Lambrecht, pada Senin (7/2/2022) dikutip dari Euronews.

Baca Juga: AS: Serangan Rusia ke Ukraina Bisa Terjadi Kapan Saja

Baca Juga: Putin Sebut Rusia Pertimbangkan Proposal Damai yang Diajukan Prancis

1. Inggris mengirim 350 tentara

ilustrasi NATO (nato.int)

Sementara itu, Inggris juga mengirimkan sekitar 350 tentara untuk bergabung dengan pasukan tempur yang sudah bersiaga di Polandia. Sebelumnya, Inggris telah mengirim 100 insinyur tentara ke negara tersebut.

“(Ini) menunjukkan bahwa kita dapat bekerja sama dan mengirimkan sinyal kuat bahwa Inggris dan Polandia berdiri berdampingan," ujar Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace. 

2. Jerman dikritik karena dituding lembek terhadap Rusia

Kanselir Jerman Olaf Scholz (Twitter.com/Olaf Scholz)

Sebelumnya, pemerintahan Jerman di bawah Kanselir Olaf Scholz menuai kritik karena dianggap lembek dalam menyikapi Rusia. Klarifikasi seputar sikap itu bahkan menjadi salah satu topik pembicaraan ketika Scholz mengunjungi Amerika Serikat (AS), sebagai lawatan resmi pertamanya sebagai kanselir.

Sebelum terbang ke Washington, Scholz telah mengabarkan bahwa Berlin akan mengirim pasukan tambahan ke negara-negara Baltik. Jerman saat ini memimpin operasi NATO di Lituania, dengan mengerahkan sekitar 500 tentara.

Baca Juga: AS Sebut Rusia Bisa Menyerang Ukraina Besok atau Pekan Depan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya