TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Operasi Gabungan Burkina Faso-Niger Ringkus 100 Pemberontak

Operasi dilakukan di zona perbatasan kedua negara

Ilustrasi penyerangan (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Angkatan bersenjata Burkina Faso berhasil meringkus sekitar 100 orang pemberontak dalam sebuah operasi gabungan dengan Niger. Operasi itu diselenggarakan antara 25 November hingga 9 Desember di zona perbatasan kedua negara.

Operasi gabungan tersebut melibatkan ratusan tentara yang dikerahkan di kedua sisi perbatasan. Mereka menangkap sekitar 20 tersangka, menyita senjata dan ratusan sepeda motor, serta menghancurkan sekitar 15 alat peledak rakitan, kata tentara Burkinabe dikutip dari Reuters, Selasa (14/12/2021).

1. Merupakan operasi tahap kedua 

Ilustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Operasi yang diselenggarakan baru-baru ini merupakan tahap kedua dari operasi gabungan kedua negara itu yang disebut “Taanli” dan telah dimulai sejak bulan Juni.

Melansir France24, dalam sebuah pernyataan pada Senin disebut bahwa empat tentara Burkinabe tewas dalam serangan bom pinggir jalan di provinsi Komandjari.

Kedua belah pihak mengerahkan prajurit serta pesawat tempur dan pengintai selama operasi yang bermarkas di kota Tillaberi di Niger barat. Mereka juga telah membongkar dua pangkalan, satu di Kokoloukou di Niger barat dan satu lagi di Yeritagui di Burkina Faso timur.

Baca Juga: Krisis Keamanan, Presiden Burkina Faso Pecat Perdana Menteri

2. Pemberontakan milisi ISIS dan Al Qaeda 

-

Milisi yang terkait dengan Al Qaeda dan Islamic State (ISIS) melancarkan pemberontakan di Burkina Faso, Niger dan Mali dalam beberapa tahun terakhir. Pemberontakan itu telah menewaskan ribuan warga sipil dan menelantarkan sekitar dua juta orang.

Pemberontak juga telah membunuh banyak pihak kemanan, salah satunya pada serangan bulan lalu yang menewaskan setidaknya 53 orang di sebuah pos polisi Burkina Faso. Serangan tersebut merupakan yang terparah dan sejak saat itu juga pemberontakan semakin sering terjadi.

Baca Juga: 47 Orang Tewas dalam Serangan Militan di Burkina Faso

Verified Writer

Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya