18 Tahun Dipenjara, Pria Ini Dibebaskan Karena Terbukti Tidak Bersalah

Pembunuh aslinya justru bunuh diri duluan

Missouri, IDN Times - Seorang pria dipenjara selama 18 tahun atas kejahatan yang tidak pernah dilakukannya. Melansir CBS News dan Independent, pada 2001 silam, David Robinson dinyatakan bersalah atas pembunuhan Sheila Box yang terjadi di halaman sebuah bar di Kota Sikeston, Missouri-AS.

Setelah 18 tahun terkurung di balik jeruji besi, Senin malam waktu AS, David Robinson dibebaskan dari Pusat Pemasyarakatan Kota Jefferson, beberapa jam setelah Jaksa Agung Missouri, Josh Hawley menghentikan tuntutan terhadap dirinya.

Keanehan terjadi sejak awal masa persidangan. Kecurigaan muncul dari berbagai pihak, ketika bukti dan saksi yang diajukan oleh jaksa penuntut umum saat itu dianggap kurang untuk dijadikan sebagai dasar putusan hakim.

Namun begitu, pengadilan tetap memutusan untuk menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat kepada David.

1. Saksi bayaran digunakan untuk menjatuhkan David

18 Tahun Dipenjara, Pria Ini Dibebaskan Karena Terbukti Tidak Bersalahjpfirm.com

Ada dua saksi yang diajukan oleh jaksa penuntut umum dalam persidangan. Kesaksian dua orang tersebut semakin memberatkan David. Albert Baker, seorang informan polisi bersaksi bahwa ia melihat secara langsung aksi penembakan yang dilakukan David kepada Sheila.

Saksi lain yang mengaku sebagai teman satu sel David, menuturkan bahwa David telah mengakui perbuatannya tersebut. Belum lagi riwayat hidup David yang pernah tersandung kasus narkoba, turut menambah keyakinan pihak berwenang yang saat itu menangani kasus ini, bahwa Davidlah pelakunya. Polisi menuduh David menembak korban setelah ia mengonsumsi narkoba.

Tetapi usut punya usut, ternyata dua kesaksian tersebut adalah palsu. Saksi pertama yang menyebut bahwa ia berada tak jauh dari lokasi pembunuhan ternyata dibayar atas kesaksiannya. Diketahui Albert Baker menerima uang Rp 35 juta atas kesaksian palsunya tersebut.

Sementara itu, saksi kedua tidak pernah berada satu sel dengan David. “Dia tidak berada di sel yang sama dengan David Robinson, dan jaksa penuntut tetap menjadikannya saksi di persidangan meskipun mereka tahu dia tidak pernah berbagi sel yang sama”, ungkap Charlie Weiss, pengacara David.

2. Pembunuh sebenarnya muncul melalui pengakuan yang direkam tape recorder

Setelah tiga tahun berselang, seorang pria mengaku bahwa ia adalah pelaku pembunuhan yang sebenarnya. Romanze Mosby mengatakan bahwa ia menjual narkoba kepada Sheila. Karena panik saat melihat Sheila memiliki senjata, lalu spontan ia mengarahkan tembakan kepada korban.

Dalam pengakuan yang direkam melalui tape recorder yang dibuat pada 9 Agustus 2004, ia mengatakan “Saya berkata kepada Sheila untuk melempar uangnya, kemudian saya akan melemparkan narkoba itu kepadanya.”

Tetapi, belum sempat mendapatkan hukuman yang sepadan, Romanze mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri pada 2009 yang lalu.

3. Banding ditolak, David tetap dipenjara hingga 18 tahun

18 Tahun Dipenjara, Pria Ini Dibebaskan Karena Terbukti Tidak Bersalahthenewjimcrow.wordpress.com

Pengakuan Romanze tersebut tidak serta merta menggugurkan hukuman David Robinson. David tetap berada dipenjara, karena upaya pengajuan bandingnya berkali-kali ditolak.

Namun, pada Pebruari 2017 lalu, seorang hakim memutuskan bahwa berdasarkan pada bukti yang jelas, David tidak bertanggung jawab atas pembunuhan Sheila.

Hakim Darrel Missey menyatakan bahwa tuduhan yang dilayangkan Detektif Jhon Blakely tidak berlandaskan atas bukti yang kuat, serta mengabaikan fakta yang sesungguhnya. Lebih dari satu tahun kemudian, tepatnya 14 Mei 2018, David akhirnya dibebaskan.

Akhirnya, kini David mendapatkan keadilan yang selama belasan tahun ia nantikan. David mengatakan bahwa hal pertama yang ia lakukan setelah keluar dari penjara adalah memeluk ibunya. Ia juga mengatakan bahwa keluarganya telah menyiapkan makanan kesukaannya dalam rangka menyambut kepulangan dirinya.

SUMBER:

https://www.cbsnews.com/news/david-robinson-released-missouri-wrongful-conviction-sheila-box-murder-sikeston/

https://www.independent.co.uk/news/world/americas/man-freed-jail-murder-david-robinson-sheila-box-missouri-a8352471.html

Andes Septa Photo Verified Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya