Comscore Tracker

Miliki Mother of Satan, Pria Florida Ditangkap Polisi

Morther of satan juga dipakai dalam aksi teror di Surabaya

Florida, IDN Times – Seorang pria Florida ditangkap polisi, Selasa petang, karena menimbun bahan peledak berdaya hancur tinggi di rumahnya. Jared Coburn (37) berdalih bahwa ia menggunakan Triacetone Triperoxide (TAPP) untuk membuat kembang api, tetapi polisi mengabaikan perkataan Coburn tersebut.

1. Polisi temukan bom di laboratorium mini di rumah Coburn

Miliki Mother of Satan, Pria Florida Ditangkap PolisiVolusia County Sherrif's Office Via npr.org

Sebelumnya, laporan anonim dikirim ke Kantor Sherrif Volusia County perihal kasus tersebut. Beberapa jam kemudian, surat penggeledahan dikeluarkan oleh hakim pengadilan setempat.

National Public Radio melaporkan, saat digeledah, polisi menemukan TATP, bom rakitan, botol peroksida, alkohol dan cairan kimia lainnya di dalam sebuah laboratorium mini di rumah Coburn. Selain polisi, Satgas Teroris, Biro Investigasi Federal, Biro Alkohol, Tembkau, Senjata Api dan Bahan Peledak juga berada di lokasi penggeledahan.

2. Proses peledakkan bom masih berlangsung

Miliki Mother of Satan, Pria Florida Ditangkap PolisiVolusia County Sherrif's Office Via nypost.com

Sementara ini, Coburn mendapat tuduhan atas pembuatan alat peledak. Juru bicara polisi, Andres Gant mengatakan, kemungkinan Coburn akan mendapat lebih banyak tuduhan selama penyelidikan berlangsung.

Bahan kimia mematikan yang ditemukan di kamar Coburn dikenal dengan sebutan TATP atau “Mother of Satan” yang biasa digunakan oleh kelompok teroris Al Qaeda. Bahan peledak ini tergolong sangat berbahaya dan berdaya ledak tinggi.

“Ini adalah bahan kimia yang sangat mudah menguap yang biasanya digunakan dalam aksi bom bunuh diri,” Kata Sherrif Mike Chitwood kepada News Journal. “Ini sangat berbahaya, sehingga Al-Qaeda menyebutnya Mother of Satan,” tambahnya.

Pihak berwenang menggapi serius kasus ini, bahkan Badan Penerbangan Federal sempat mengeluarkan perintah larangan terbang sementara di sekitar wilayah itu.

Rabu pagi (14/11) akun twitter resmi Kantor Sherrif Volusia County mengeluarkan pernyataan, “Jika kamu mendengar bunyi bom di area Lake Helen, itu adalah aksi kami meledakkan bom. Semua aman. Akan ada ledakan beberapa bom lain, jadi jangan khawatir!”

3. Mother of satan juga dipakai dalam aksi teror Surabaya

Miliki Mother of Satan, Pria Florida Ditangkap PolisiDivisi Humas Polri

Mother of Satan diketahui sebagai bom yang sering diledakkan dalam aksi teror, salah satunya teror di Surabaya. Selain Al-Qaeda, kelompok teroris lain seperti ISIS juga menggunakan bom ini. Mother of Satan sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan beberapa komponen sederhana yang juga mudah didapatkan di toko kimia. Salah satu bahan yang biasa digunakan adalah cat kuku.

“Ini sangat dikenal oleh kelompok ISIS. Mudah dibuat dari bahan yang mudah diperoleh dan diramu sedemikian rupa,” kata Kapolri Tito Karnavian, mengutip CNN. “TATP dikenal dengan sebutan ‘the mother of satan,’ ibu dari para setan karena bahan ledak tinggi. Kalau TATP ini pakai guncangan atau panas bisa meledak sendiri. Makanya dinamakan the mother of satan,” imbuhnya.

Baca Juga: Cara Polda Jatim Cegah Terorisme Pasca Bom Surabaya

Andes Septa Photo Community Writer Andes Septa

The Second of Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You