5 Fakta Hari Kucing Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Agustus

Dirayakan sejak tahun 2002

Jakarta, IDN Times – Tahukah kamu kalau setiap tanggal 8 Agustus dirayakan sebagai Hari Kucing Internasional? Perayaan tahunan itu pertama kali dicetuskan oleh International Fund for Animal Warfare (IFAW) pada 2002.

Hari Kucing Internasional dirayakan bukan hanya untuk mengingat bahwa kucing merupakan salah satu hewan peliharaan paling populer di planet ini. Tapi juga untuk mengingat bahwa memelihara kucing memiliki banyak manfaat bagi para tuannya.

Yuk simak di bawah ini fakta-fakta seputar Hari Kucing Internasional!

1. Sekilas sejarah kucing

5 Fakta Hari Kucing Internasional yang Dirayakan Setiap 8 AgustusInstagram.com/miawsaucethecat

Dilansir Days of The Year, kucing pertama kali diperbolehkan tinggal di dalam ruangan oleh bangsa Mesir kuno pada 3 ribu tahun sebelum masehi. Kala itu, bangsa Mesir berharap kucing bisa mengusir tikus dan hama di lumbung makanan.

Kemudian, pada 1919 untuk pertama kalinya kucing menjadi inspirasi bagi dunia melalui animasi Felix the Cat.

Selanjutnya, pada 1982, komposer Andrew Lloyd Weber menyajikan penampilan yang didedikasikan kepada para pecinta kucing di teater Broadway. Dan itu menjadi salah satu penampilan teater musikal tersukses dalam sejarah Broadway.

Baca Juga: Kucing 101: Bisakah Kucing Melihat Hantu? Kenali Tandanya di Sini!

2. Organisasi dunia yang concern terhadap kucing

5 Fakta Hari Kucing Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Agustusilustrasi kucing (pixabay.com/Kirgiz03)

Tanggal 8 Agustus 2002 menjadi kali pertama Hari Kucing Internasional dirayakan, sekaligus dibuat untuk menumbuhkan kesadaran tentang penderitaan kucing kemudian mempelajari cara merawat serta melindungi hewan tersebut.

Pada 2020, tanggung jawab dan perwalian untuk kucing secara dunia dialihkan ke International Cat Care, yaitu organisasi di Inggris yang aktif merawat kucing sejak 1958.

3. Kucing dan kepercayaan bangsa mesir kuno

5 Fakta Hari Kucing Internasional yang Dirayakan Setiap 8 AgustusIlustrasi Kucing. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dikutip dari Rutherford of Source, orang Mesir kuno juga memuja kucing karena mereka dipandang sebagai manifestasi duniawi dari dewa Bastet. Dia melindungi para pengikutnya dari penyakit dan roh jahat.

Ketika kucing peliharaan keluarga Mesir Kuno meninggal, mereka akan mencukur alisnya sebagai tanda berkabung. Sering kali kucing tersebut akan dimumikan dan dikubur bersama anggota keluarga di ruang pemakaman mereka. Adapun Kucing Mau Mesir diyakini sebagai ras kucing tertua yang masih hidup.

4. Kucing tertua dan terkaya

5 Fakta Hari Kucing Internasional yang Dirayakan Setiap 8 AgustusIlustrasi kucing rumahan. (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Blackie adalah kucing terkaya yang pernah hidup. Pemiliknya, Ben Rea, adalah pedagang barang antik Inggris. Saat Rea meninggal pada 1988, dia meninggalkan seluruh kekayaannya kepada sang kucing sebesar 12,5 juta dolar AS.

Kucing tertua sejauh ini tercatat bernama Cream Puff, yang hidup dari 1967 hingga 2005. Dia berusia 38 tahun tiga hari ketika meninggal.

5. Manfaat kucing bagi pemiliknya

5 Fakta Hari Kucing Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Agustusilustrasi kucing putih (Unsplash.com/Marcos Ferrari)

Fakta yang tidak kalah menarik adalah ternyata kucing memiliki manfaat besar bagi pemiliknya, Kucing diyakini memiliki kemampuan untuk menenangkan sistem saraf dan menurunkan tekanan darah.

Memeliharanya juga meningkatkan kesehatan manusia dalam berbagai cara, termasuk meningkatkan kinerja kognitif. Setelah seharian bekerja keras, bermain bersama hewan peliharaan bisa menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk membantu menenangkan diri.

Salah satu keuntungan besar merawat kucing adalah pemilik tidak membutuhkan banyak ruang untuk bermain dan bersenang-senang bersama. Tidak seperti hewan besar yang membutuhkan ruangan besar untuk bermain tangkap atau berlarian.

Mister Puss, salah satu produsen makanan kucing, ikut merayakan Hari Kucing Internasional dengan membagikan seribu botol street feeding cat food. Selain itu, mereka juga mengadakan berbagai lomba yang melibatkan 59 ekor kucing, seperti lomba kucing sehat, kucing gemoy, dan kucing makan.

Aksi membagikan makanan ini dirayakan dari 13 Agustus hingga September 2023 bersamaan dengan car free day (CFD) di Solo.

Baca Juga: 4 Hal Positif Memelihara Kucing Berpengaruh Tumbuh Kembang Anak

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya