Dukung Penuh Israel, Joe Biden Sebut Hamas Lebih Buruk dari ISIS

Biden siap memberikan segala hal untuk Israel

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan dukungannya kepada Israel untuk mempertahankan diri dari serangan Hamas. Washington pun siap memberikan segala hal yang dibutuhkan Tel Aviv.

Pernyataan itu disampaikan Biden kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, saat Biden tiba di Israel pada Rabu (18/10/2023).

Pada saat yang sama, Biden juga menyebut Hamas lebih buruk daripada teroris ISIS. Ungkapan itu merujuk pada banyaknya korban tewas akibat serangan Hamas pada Sabtu (7/10/2023), dilansir Reuters.  

1. Puluhan warga AS tewas

Dukung Penuh Israel, Joe Biden Sebut Hamas Lebih Buruk dari ISISilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemudian, Biden mengaku sedih dan marah buntut ledakan di rumah sakit di Jalur Gaza pada Selasa, yang menurut Hamas menewaskan ratusan orang. Pada keterangan itu, Biden menyebut “pihak lain” sebagai entitas yang bertanggung jawab atas serangan, mengacu pada militan Palestina selain Hamas.

Biden mengatakan, 31 orang AS termasuk di antara lebih dari 1.400 warga Israel yang tewas dalam serangan Hamas pada 7 Oktober.

Sejak serangan itu, Israel telah membombardir Jalur Gaza sebagai upaya memusnahkan Hamas. Setidaknya 3 ribu warga Palestina tewas akibat operasi militer Israel.

Baca Juga: Serangan Israel Sasar Rumah Sakit di Gaza, Joe Biden Batal ke Yordania

2. Biden ingin cegah perang Israel-Hamas meluas

Dukung Penuh Israel, Joe Biden Sebut Hamas Lebih Buruk dari ISISilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Kunjungan Biden bertujuan memperkuat komitmen AS terhadap Israel dan mencegah penyebaran perang Israel-Hamas meluas ke Timur Tengah.

Biden berada di bawah tekanan untuk memastikan Israel menghentikan blokade atas Jalur Gaza, yang menyebabkan sekitar 2,3 juta warga Palestina tidak mendapat akses air, pangan, pasokan medis, energi, dan listrik.

Di sisi lain, Israel juga memerintahkan warga Gaza di wilayah utara untuk mengungsi ke wilayah selatan, sesuatu yang dianggap komunitas internasional sebagai pemindahan paksa yang melanggar kemanusiaan.  

3. Biden akan pastikan banyak hal ke Netanyahu

Dukung Penuh Israel, Joe Biden Sebut Hamas Lebih Buruk dari ISISPerdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Sumber: twitter.com/netanyahu

Sebelumnya, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, Presiden Biden akan mengajukan “pertanyaan sulit” kepada para pemimpin Israel. Namun, Kirby tidak menjelaskan apa maksud dari ungkapan itu.

“Dia akan menanyakan beberapa pertanyaan sulit, dia akan menanyakannya sebagai seorang teman, sebagai teman sejati Israel, tapi dia akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang mereka,” kata Kirby, dikutip dari Bloomberg.

Baca Juga: Israel Rilis Bukti Tak Lakukan Serangan ke Rumah Sakit Gaza

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya