Jakarta Taipei School Boyong Puluhan Medali Emas dari WSC 2023

Ukir prestasi pada kompetisi bahasa Inggris bergengsi

Jakarta, IDN Times – Delegasi Jakarta Taipei School (JTS) berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi bahasa Inggris World Scholar’s Cup 2023. Dalam kegiatan puncak yang berlangsung di Yale, Amerika Serikat pada November 2023, delegasi JTS berhasil meraih 14 medali emas dan 26 medali perak.

Kompetisi yang diperlombakan mencakup debat tim, penulisan esai, dan kuis pilihan ganda untuk enam mata pelajaran. Sebelum berlaga di Negeri Paman Sam, JTS terlebih dahulu mengikuti lomba di tingkat regional Jakarta dan berlanjut untuk tingkat global di Bangkok, Thailand.

1. Unggul dari ribuan peserta

Jakarta Taipei School Boyong Puluhan Medali Emas dari WSC 2023Jakarta Taipei School mengikuti WSC 2023 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kompetisi global di Bangkok diikuti oleh 3.500 peserta dari 40 negara, terdiri dari 400 tim junior/skittles dan 700 tim senior. JTS memperoleh peringkat du di kategori beregu senior dengan total 5 piala, 83 medali emas, dan 76 medali perak dari seluruh tim.

Prestasi individu berhasil diraih oleh siswa SMA dengan peringkat kedua kategori debat individu dan peringkat ke-3 dalam kategori Top Scholar dari 2.700 peserta kelompok ini.

Semua tim JTS masuk ke 14 persen terdepan dan lolos ke babak kejuaraan di AS yang diselenggarakan pada 2-8 november 2023. Kompetisi di Yale diikuti oleh 3.900 siswa dari 50 negara. Dua tim dari JTS, tim junior dan tim senior berhasil meraih 14 medali emas dan 26 medali perak.

Baca Juga: KDEI Taipei Ungkap Puluhan PMI di Taiwan Alami Homesick dan Stres

2. Siswa dengan dasar bahasa mandarin juga bisa bersaing

Jakarta Taipei School Boyong Puluhan Medali Emas dari WSC 2023Jakarta Taipei School mengikuti WSC 2023 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Emmely, sebagai pelatih utama, mendampingi para siswa melewati masa latihan yang sulit dan penuh tantangan. Dia ingin meningkatkan kepercayaan para siswa untuk menggali kemampuan berbahasa inggris.

Melalui ketekuan dan kegigihan pada saat berlatih dan berbagai kelas, Emmely yakin bahwa siswa dengan dasar pengajaran mandarin, juga mampu untuk bersaing dengan siswa dasar pengajaran bahasa Inggris.

“Bahkan bisa bersaing dengan siswa dari berbagaj negara,“ kata Emilly.

3. Metode pendidikan di JTS

Jakarta Taipei School Boyong Puluhan Medali Emas dari WSC 2023Jakarta Taipei School mengikuti WSC 2023 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kepala Departemen Bahasa Internasional JTS, Chen Yu An, menyatakan pentingnya membangun kemampuan berbahasa para siswa sejak dini.

JTS pun memiliki kurikulum pendidikan bahasa Inggris yang berbeda di setiap tingkatan. Untuk sekolah dasar, metode yang diajarkan adalah fokus pada mendorong tumbuhnya kepercayaan diri pada anak-anak untuk menguasai bahasa Inggris.

Di tingkat SMP, sekolah mulai menerapkan sistem project dan laporan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa secara efektif dan fleksibel.

Sementara di tingkat SMA, JTS membimbing siswa untuk fokus mengasah keterampilan ujian akademis bahasa Inggris.

Baca Juga: Fakta-Fakta Hai Kun, Kapal Selam Perdana Taiwan Modal Perangi China

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya