Comscore Tracker

Aturan Baru! Hong Kong Hapus Kebijakan Karantina untuk Kru Pesawat 

Kebijakan pemeriksaan suhu untuk wisatawan juga dihapus! 

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Hong Kong, pada Jumat (9/9/2022), menyatakan akan mengahapus kebijakan karantina untuk kru pesawat penumpang pada maskapai yang berbasis di Hong Kong. Aturan baru ini mulai efektif berlaku pada Sabtu (10/9/2022) dini hari. 

Aturan sebelumnya adalah kru pesawat harus melakukan karantina selama tiga malam sebelum kembali ke rumah. Dengan Aturan baru ini, kru pesawat penumpang dapat kembali ke rumah setelah mendapat hasil tes negatif COVID-19 berdasarkan tes asam nukleat atau nucleic acid test (NAT) di Bandara Internasional Hong Kong.

Pemerintah menekankan, aturan baru tersebut dibuat berdasarkan pendekatan berbasis sains dan terarah, dan mempertimbangkan kasus COVID-19 yang rendah di kalangan kru pesawat, dilansir Reuters

1. Pemerintah tetap lakukan pengawasan medis secara ketat

Aturan Baru! Hong Kong Hapus Kebijakan Karantina untuk Kru Pesawat ilustrasi tes covid (unsplash.com/Mufid Majnun)

Pemerintah menambahkan, kru pesawat tersebut tetap akan mendapat pengawasan lebih lanjut untuk memastikan kesehatan mereka.

Mereka akan menjadi subjek pengawasan medis, seperti menjalani tes COVID-19 secara rutin, menghindari aktivitas yang melepas masker di tempat umum, menahan diri dari tempat-tempat ramai dan pertemuan massal, dan mencatat aktivitas mereka hingga hari ketiga setelah kedatangan. 

Selama singgah di luar negeri dan Taiwan, mereka juga harus mematuhi peraturan tersebut untuk menghindari kontak dengan masyarakat setempat. 

Pemerintah meminta maskapai untuk menerapkan mekanisme yang kuat untuk memastikan kepatuhan kru pesawat mereka dengan persyaratan pengawasan medis, dan bertanggung jawab untuk memantau dan melakukan pemeriksaan pada catatan aktivitas kru pesawatnya. 

Baca Juga: Terungkap, Ribuan Penis Keledai Ini Akan Diselundupkan ke Hong Kong

2. Pengecekan suhu untuk wisatawan yang meninggalkan Hong Kong juga dihapus

Aturan Baru! Hong Kong Hapus Kebijakan Karantina untuk Kru Pesawat ilustrasi kepadatan bandara oleh wisatawan (pixabay.com/Skitterphoto)

Dalam pernyataan terpisah, pemerintah Hong Kong mengatakan, wisatawan yang transit dan yang akan meninggalkan Hong Kong tidak lagi diharuskan melakukan pemeriksaan suhu. 

Namun, untuk penumpang yang memasuki Hong Kong serta penumpang yang berangkat menuju China daratan atau Makau, peraturan pemeriksaan suhu tetap berlaku.

Penumpang yang merasa sakit selama transit di Hong Kong dapat menghubungi Departemen Kesehatan. Setelah melakukan asesmen kesehatan, staf Departemen Kesehatan akan menentukan apakah perlu dilakukan rujukan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. 

3. Maskapai Cathay Pacific akan kembali buka rute yang sempat tutup

Aturan Baru! Hong Kong Hapus Kebijakan Karantina untuk Kru Pesawat Armada pesawat Cathay Pacific (twitter.com/cathaypacific)

Maskapai nasional Hong Kong, Cathay Pacific, secara bertahap akan meningkatkan kapasitas penerbangan dalam beberapa bulan mendatang, setelah pelonggaran kebijakan karantina bagi kru pesawat diberlakukan, dilansir The Straits Times

Cathay akan terus menambah penerbangan dengan kembali membuka rute-rute yang ditutup karena pandemik COVID-19. Namun, hal ini akan membutuhkan waktu karena melibatkan sejumlah besar pelatihan kru pesawat dan mengaktifkan kembali pesawat yang disimpan. 

Cathay berencana untuk mempekerjakan 4 ribu staf tambahan untuk memenuhi kebutuhan operasional selama 18 hingga 24 bulan ke depan, seiring pulihnya keadaan, setelah memangkas lebih dari 6 ribu pekerja selama pandemik.

Baca Juga: KJRI Hong Kong Beberkan Ciri-ciri Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Angga Kurnia Saputra Photo Verified Writer Angga Kurnia Saputra

Self-proclaimed foreign policy enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya