Nama Presiden Ukraina Dieja Berbeda-beda, Mana yang Tepat?

Volodymyr Zelenskyy, Zelensky, atau Zelenskiy ya?

Jakarta, IDN Times - Nama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kadang dieja Zelenskiy atau Zelensky) belakangan ini ramai diperbincangkan oleh publik. Hal tersebut tak lepas dari krisis keamanan yang terjadi di Ukraina akibat operasi militer Rusia sejak Kamis (24/2/2022). 

Hampir semua media di dunia telah menyampaikan berbagai pernyataan pria 44 tahun itu terkait langkah yang ditempuhnya untuk menangani krisis di negaranya.

Terlepas dari hal itu, nama belakang Volodymyr kerap ditulis berbeda-beda oleh media internasional. Ada yang menulis Zelensky, Zelenskiy, ada pula Zelenskyy. Lantas, kira-kira pengejaan mana yang lebih tepat?

Baca Juga: Volodymyr Zelenskyy, Mantan Pelawak yang Jadi Presiden Ukraina 

1. Perbedaan media internasional dalam mengeja nama akhir orang nomor satu di Ukraina tersebut

Baik Zelensky, Zelenskiy, maupun Zelenskyy, ketiganya digunakan sebagai versi dari masing-masing media internasional. Media internasional seperti CNN, BBC, hingga AFP menuliskan namanya dengan Zelensky.

Sedangkan media seperti Reuters dan The Guardian menggunakan kata Zelenskiy. Ada pula nama Zelenskyy yang digunakan oleh Al Jazeera dan DW. 

Sedangkan pada media di Indonesia, ketiga nama itu juga digunakan. Masing-masing media, menggunakan pilihan berbeda, bergantung pada media internasional mana yang menjadi referensi media tersebut.

Baca Juga: Presiden Ukraina Ingin Bertemu Putin: Cuma Itu Cara Hentikan Perang

2. Kepresidenan Ukraina umumkan "Zelenskyy" jadi pengejaan resmi dalam Bahasa Inggris

Perbedaan pengejaan nama seorang kepala negara oleh publik sebenarnya merupakan suatu hal yang jarang terjadi. Jika dilihat dari media Ukraina, penulisan asli nama akhir Presiden Ukraina tersebut adalah Зеленський

Sejak hari pertama menjabat, nama akhirnya sebenarnya kerap menjadi perdebatan jurnalis dan pengamat politik. Ada tiga pengejaan yang populer saat itu, yaitu Zelensky, Zelenskiy, dan Zelenskyi. 

Menariknya, Kepresidenan Ukraina mengumumkan suatu pernyataan bahwa nama akhir resmi presidennya menjadi Volodymyr Zelenskyy, dilansir Atlantic Council. Lantas, apakah pengejaan ketiga nama sebelumnya salah?

Tentu tidak. Zelenskyy juga sempat menggunakan Bahasa Rusia dalam kehidupan sehari-hari. Jika dieja dari Bahasa Rusia ke Bahasa Inggris, nama akhirnya menjadi Zelenskiy.

Baca Juga: 5 Fakta Volodymyr Zelenskyy, Komedian Ukraina yang Jadi Presiden

3. Nama "Volodymyr" memiliki makna "Penguasa Dunia"

https://www.youtube.com/embed/u0DZuO9-JBE

Untuk mengucapkan nama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebenarnya tak begitu susah. Nama mantan komedian itu dapat diucapkan dengan lafal: "Volodimir Zelenski". 

Nama depannya, Volodymyr, ternyata memiliki makna yang menarik. Kata Volodymyr merupakan salah satu dari Bahasa Ukraina yang merupakan Bahasa Slavic Timur Kuno. Jika diartikan, Volodymyr memiliki makna "Penguasa Dunia", Penguasa Perdamaian", dan "Kekuatan Terkenal". 

Menariknya, makna nama Volodymyr sama dengan nama Vladimir dalam Bahasa Rusia, Bahasa Serbia, Bahasa Slovak, dan Bahasa Slovene. Jadi, Presiden Ukraina memiliki arti nama yang sama dengan Presiden Rusia saat ini yang menjadi rivalnya, Vladimir Putin. 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya