Joe Biden Jadi Presiden Terpilih AS, Tiongkok Akhirnya Ucapkan Selamat

Tiongkok menjawab spekulasi soal seteru dengan AS

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Tiongkok akhirnya secara resmi mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden dan Kamala Harris.

"Tiongkok selalu mengikuti perkembangan domestik AS dan reaksi internasional terhadap Pemilihan Presiden AS," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin, seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga: 10 Perintah Eksekutif Joe Biden Soal Perubahan Iklim

1. Tiongkok menjawab spekulasi soal seteru dengan AS

Joe Biden Jadi Presiden Terpilih AS, Tiongkok Akhirnya Ucapkan SelamatJuru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, memberikan pidato setelah terpilih pada Jumat (17/07) lalu.

Ucapan ini menjawab spekulasi yang berkembang soal seteru Tiongkok dengan AS. Saat Donald Trump terpilih menjadi Presiden AS pada November 2016, Presiden Tiongkok Xi Jinping langsung mengucapkan selamat kepada Trump.

Xi Jinping bahkan mengucapkan selamat melalui telepon, beberapa saat setelah Trump dinyatakan menang dalam penghitungan suara.

2. Tiongkok juga menanti hasil penghitungan suara yang sah

Joe Biden Jadi Presiden Terpilih AS, Tiongkok Akhirnya Ucapkan SelamatCalon presiden Amerika Serikat dari Demokrat dan mantan wakil presiden Joe Biden berbicara dalam sebuah pemberhentian kampanye di Johnstown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Beberapa media di luar Tiongkok berspekulasi bahwa terpilihnya Biden tidak sesuai dengan harapan Beijing. Namun, hal itu dibantah oleh Wang karena masih menunggu perkembangan lebih lanjut terkait hasil penghitungan surat suara.

"Kami bisa mengerti hasil pemilu akan ditentukan berdasarkan prosedur dan undang-undang di AS," ujarnya.

3. Suara Biden mengungguli Trump

Joe Biden Jadi Presiden Terpilih AS, Tiongkok Akhirnya Ucapkan SelamatPresiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara kepada wartawan di pesawat Air Force One saat ia kembali dari New Hampshire ke Washington, Amerika Serikat, Jumat (28/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

Biden-Harris dinyatakan memenangkan Pilpres Amerika Serikat setelah memenuhi batas minimal 270 suara elektoral, untuk bisa menuju Gedung Putih, sejak Sabtu 7 November 2020. Keduanya saat itu mengalahkan kandidat petahana Donald Trump dan Mike Pence, dengan total perolehan suara 273 lawan 213 suara.

Terpilih sebagai Pesiden Amerika Serikat ke-46, Joe Biden telah mendapatkan ucapan terima kasih dari sejumlah pejabat negara lainnya. Mulai dari Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dan mantan rekannya yang merupakan mantan presiden AS, Barack Obama.

Baca Juga: Jokowi Beri Ucapan Selamat untuk Kemenangan Joe Biden-Kamala Harris

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya