Comscore Tracker

Argentina Kecam Peluncuran Misil Inggris di Kep. Falkland

Memanasnya hubungan Argentina-Inggris

Buenos Aires, IDN Times - Pemerintah Argentina mengecam peluncuran misil Inggris di Kepulauan Falkland. Bahkan hal ini dianggap sebagai manuver militer mengingat permasalahan kedaulatan kepulauan terluar Inggris di Atlantik Selatan tersebut yang belum usai hingga kini. 

Atas kejadian ini, tentunya membuat hubungan kedua negarakian memanas setelah sebelumnya Argentina mengecam Inggris terkait militerisasi di kepulauan yang diklaim sebagai miliknya. 

1. Argentina kecam latihan militer Inggris di Kepulauan Falkland

Pada hari Kamis (29/04/2021) Pemerintah Argentina menolak peluncuran misil Rapier yang dilakukan oleh militer Inggris di Kepulauan Falkland. Sebelumnya pada tanggal 26-28 April, Presiden Alberto Fernandez juga sudah mengecam tindakan Inggris dan menyebutnya sebagai penunjukan kekuatan yang tidak seharusnya. 

Bahkan pihak Kementerian Luar Negeri Argentina menyebutkan bahwa peluncuran misil Rapier tersebut adalah aksi mengesampingkan upaya resolusi di bawah PBB dan organisasi internasional lainnya. Padahal selama ini Argentina dan Inggris telah menjalin negosiasi sebagai upaya perdamaian di Kepulauan Falkland, dilansir dari Pagina12

2. Argentina sebut Inggris melakukan pelanggaran resolusi perdamaian

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Menarik yang Terdapat di Kepulauan Falkland

Mengutip dari Infobae, Menteri Luar Negeri Argentina Felipe Sola mengatakan jika aksi yang dilakukan Inggris ini melanggar Resolusi 41/11 dari Majelis Umum Zona Damai dan Kooperasi di Atlantik Selatan. Resolusi tersebut menyebutkan bahwa kedua negara dengan hati-hati harus menghargai perairan Atlantik Selatan sebagai zona damai. 

Di samping itu, Argentina juga menitikberatkan pada Resolusi 31/49 terkait pelanggaran Inggris dalam melakukan latihan militer secara terus menerus di Atlantik Selatan. Atas hal ini, Pemerintah Argentina menuding jika latihan militer yang dilakukan Inggris di Kepulauan Falkland beberapa hari belakangan adalah manuver militer yang tidak semestinya. 

3. Latihan militer Inggris bisa membahayakan lalu lintas maritim Argentina

Argentina Kecam Peluncuran Misil Inggris di Kep. FalklandKapal ARA Piedrabuena milik AL Argentina. (instagram.com/fuerzasarmadas.arg)

Adanya latihan militer Inggris disertai peluncuran misil di Kepulauan Falkland membuat Argentina khawatir akan lalu-lintas maritim dan memberikan sudah memberikan peringatan bagi kapal yang melintas. Bahkan tindakan dituding Inggris dapat membahayakan perjalanan kapal Argentina yang melalui perairan di sekitar Atlantik Selatan. 

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Argentina Felipe Sola juga menambahkan apabila "Manuver militer menunjukkan bahwa okupansi tak resmi dari Malvinas hanya sebagai alasan untuk membangun pangkalan militer. Falkland didiami oleh 1200 tentara di Monte Agradable dan warga pembantu militer sebesar 300 orang. Maka Kepulauan Falkland menjadi salah satu teritori paling dimiliterisasi di dunia."

Komplain terakhir dari Argentina beberapa bulan lalu, saat Amerika Serikat masih di bawah kepemimpinan Donald Trump. Kala itu terrdapat kapal selam nuklir AS yang masuk perairan Atlantik Selatan untuk melangsungkan latihan militer bersama dengan pesawat tempur Inggris, dilansir dari La Nacion

Baca Juga: Argentina & Inggris Setuju Identifikasi Makam di Kep. Falkland

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya