Comscore Tracker

Argentina-Paraguay Duga Pesawat Emtrasur Berusaha Selundupkan Senjata

Pilot pesawat diduga masuk dalam jaringan terorisme

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Argentina dan Paraguay pada Kamis (23/6/2022) telah membuka investigasi terkait kasus maskapai pesawat Venezuela, Emtrasur. Pasalnya, pesawat yang membawa awak asal Iran itu diduga memiliki hubungan dengan penyelundupan senjata. 

Pada pekan lalu, Presiden Argentina, Alberto Fernandez telah memberikan klarifikasi bahwa tidak terdapat keanehan dalam pesawat tersebut. Presiden sayap kiri itu justru menuding pihak oposisi yang membesar-besarkan dugaan terorisme pada maskapai asal Venezuela tersebut. 

1. Argentina putuskan Ghasemi dan awak pesawat lain layak diinvestigasi

Pembukaan investigasi dari Argentina dan Paraguay ini terkait dengan misteri di balik pesawat kargo tersebut. Pasalnya, sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti apakah 14 awak pesawat asal Venezuela dan Iran itu memang terlibat dalam kasus terorisme. 

Menurut investigator asal Argentina, Cecilia Incardona masih fokus pada kepentingan untuk mengusut pilot berkebangsaan Iran, Gholamreza Ghasemi, yang diduga terlibat dalam jaringan terorisme internasional. 

Saat prainvestigasi, pesawat tersebut sudah memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke arah investigasi kepada Ghasemi, seluruh kru pesawat beserta kargo yang dibawanya, dilaporkan dari Associated Press

Menurut keterangan dari FBI, yang melaporkan kepada Hakim Federico Villena, menyebut Ghasemi adalah CEO dari Qeshm Fars Air, yang dituding memberikan bantuan material kepada Pasukan Quds dan Mahan Air yang disanksi Amerika Serikat. 

Baca Juga: Hubungan Memburuk, Swedia Larang Warganya Bepergian ke Iran

2. Paraguay selidiki kasus pemberhentian pesawat Emtrasur di Ciudad del Este

Argentina-Paraguay Duga Pesawat Emtrasur Berusaha Selundupkan SenjataPresiden Paraguay, Mario Abdo Benitez (tengah) saat mengunjungi proyek Ruta Bioceánica di Chaco. twitter.com/MaritoAbdo/

Pada hari yang sama, Presiden Paraguay Mario Abdo Benitez telah menginstruksikan Menteri Antikorupsi Rene Fernandez untuk meminta agar Kejaksaan melangsungkan investigasi pemberhentian pesawat Emtrasur di Ciudad del Este. 

Permintaan ini diungkapkan oleh Presiden Paraguay, menyusul tak kunjung diadakan investigasi dalam skandal ini. Meskipun, Menteri Intelijen Paraguay, Esteban Aquino yang memperingatkan Argentina dan Uruguay terlebih dahulu soal pesawat tersebut. 

Sesuai dalam dokumen pada 5 Mei 2022, Direktorat Sipil Penerbangan Nasional Paraguay (DINAC) mengizinkan mendaratnya pesawat Emtrasur di Bandara Guarani, Ciudad del Este. Namun, pendaratan itu bukanlah operasi kargo reguler, dilansir Mercopress

Kabarnya, pesawat bekas Mahan Air tersebut mendarat di Paraguay untuk membawa rokok senilai 775 ribu dolar AS (Rp1,15 miliar) dari perusahaan Tabesa, yang dimiliki oleh mantan Presiden Horacio Cartes. Setelah itu, pesawat bertolak ke Aruba.

3. Ditemukan foto Ghasemi saat masih berseragam IRGC

Sementara itu, berdasarkan temuan terbaru dari ponsel milik Ghasemi yang disita oleh petugas di Bandara Ezeiza, terdapat foto Ghasemi muda yang berseragam anggota IRGC (Islamic Revolutionary Guard Corps) pada Rabu (22/6/2022).

Selain itu, terdapat gambar misil, tank, dan bendera yang bertuliskan kematian untuk Israel dalam Bahasa Persia. Para ahli menyatakan masih akan bekerja lebih untuk menerjemahkan kata lebih akurat. Dari sini, Ghasemi bisa dituntut atas dugaan kasus terorisme. 

Di sisi lain, Kedutaan Israel di Montevideo mengklaim bahwa anggota kru asal Iran yang ditahan otoritas Argentina terlibat dalam kasus penyelundupan senjata ke Suriah dan punya hubungan dengan organisasi teroris Hezbollah di Lebanon. 

Pihak Israel juga khawatir bahwa pesawat tersebut sebenarnya masih menjadi milik maskapai Mahan Air dan berpartisipasi dalam penyelundupan senjata, amunisi, dan orang untuk Pasukan Quds. 

"Pesawat ini masih digunakan oleh Mahan Air dalam waktu belakangan ini dan dioperasikan untuk membantu Pasukan Quds dalam rute antara Teheran dan Damaskus," ungkap Kedubes Israel di Uruguay, dikutip Mercopress

Baca Juga: Bolivia dan Paraguay: Semua Korban Perang Chaco adalah Pahlawan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya