Comscore Tracker

Balas Dendam, Kartel Narkoba Kolombia Bakar Ratusan Kendaraan

Clan del Golfo berlakukan lockdown selama 4 hari

Jakarta, IDN Times - Pembakaran massal kendaraan terjadi di beberapa provinsi Kolombia dalam beberapa hari terakhir. Hal ini menyusul upaya balas dendam Clan del Golfo setelah bosnya, Dario Antonio Úsuga David alias Otoniel resmi diekstradisi ke Amerika Serikat (AS) pada Kamis (5/5/2022). 

Setelah ditangkapnya gembong narkoba paling ditakuti di Kolombia itu. Clan del Golfo terus meningkatkan serangan dan teror yang menargetkan aparat kepolisian dan militer. Pada akhir April, kartel narkoba ini sudah melangsungkan serangan yang menewaskan enam personel militer. 

Sebagai informasi, Cartel del Golfo atau dikenal dengan AGC (Autodefensas Gaitanistas de Colombia) merupakan salah satu kartel narkoba terbesar di Kolombia. Kartel narkoba ini terbentuk dari kelompok paramiliter AUC (Autodefensas Unidas de Colombia) yang memiliki tujuan utama melawan teror gerilya FARC dan ELN. 

Baca Juga: Disusupi Kartel, Badan Antinarkoba AS di Meksiko Dibubarkan Presiden

1. Clan del Golfo berlakukan lockdown pada empat provinsi di Kolombia

Serangan dari Clan del Golfo sudah dimulai setelah mengumumkan serangan bersenjata dan larangan bepergian selama empat hari pada Kamis. Empat provinsi yang menjadi target aksi terorisme ini terletak di bagian barat laut, meliputi Antioquia, Bolivar, Cordoba dan Sucre. 

Pengumuman serangan ini diberikan lewat pamflet yang disebarkan ke beberapa area di Kolombia. Sesuai dalam pamflet tersebut, kartel narkoba itu mengancam siapapun yang tidak menuruti perintahnya selama empat hari ke depan akan menerima konsekuensinya, termasuk kemungkinan dibunuh. 

Perintah yang dijuluki serangan bersenjata ini meliputi pembatasan pergerakan kendaraan dan blokade jalan utama di empat provinsi tersebut. Clan del Golfo juga mengancam akan menyerang siapapun yang ditemukan berada di jalan, sekalipun mendapat pengawalan dari personel militer. 

Dilansir La Prensa Latina, aksi kekerasan awal akibat blokade ini terjadi di Provinsi Cesar dan Sucre. Di wilayah itu, para pasukan kartel narkoba membakar sejumlah bus yang masih beroperasi. Namun, ketegangan terbesar terjadi di Provinsi Antioquia yang menjadi basis utama Otoniel. 

Baca Juga: 6 Tentara Kolombia Tewas dalam Serangan Kartel

2. Ratusan kendaraan sudah dibakar oleh pasukan Clan del Golfo

Menurut otoritas setempat pada Jumat (6/5/2022), setidaknya sudah ada 100 kendaraan yang hangus dibakar di sepanjang jalan utama pada empat provinsi bagian barat laut Kolombia. Aksi ini juga mengakibatkan sejumlah bisnis dan sekolah ditutup lantaran khawatir akan kemungkinan serangan, dilaporkan Reuters

Sementara itu, seorang aktivis bernama samaran Jorge tengah melakukan perjalanan darat dari Provinsi Chocho ke Kota Medellin. Namun, ia akhirnya memutar balik kendaraannya begitu mendengar langsung kabar soal serangan bersenjata dari Clan del Golfo di Antioquia. 

Ia juga melihat pasukan paramiliter menggunakan rompi anti peluru layaknya personel militer membeberkan benang untuk memblokir jalan utama. Mereka juga membakar kendaraan, memaksa sejumlah bisnis untuk tutup dan menghentikan semua arus lalu lintas. 

"Tidak ada sama sekali kendaraan maupun orang yang bepergian di jalan utama, karena semua kendaraan yang nekat jalan dan kepergok akan langsung dibakar. Ini adalah teror yang sangat besar," tutur Jorge, dilansir The Guardian

Baca Juga: Diduga Terima Suap dari Kartel, Eks Presiden Honduras Diadili di AS

3. Lebih dari 50 ribu personel militer diterjunkan ke wilayah serangan

Pada Minggu (8/5/2022), Mendagri Diego Molano mengumumkan pengiriman 2 ribu pasukan militer tambahan ke empat provinsi di barat laut Kolombia. Ribuan personel militer itu akan bergabung dengan 50 ribu personel militer yang sudah dikerahkan terlebih dahulu ke wilayah tersebut. 

"Kami akan mejamin keamanan bagi seluruh warga Kolombia dan melawan semua pihak yang ingin mengganggu kedamaian di beberapa area di Kolombia yang memiliki tujuan kriminal," ungkap Diego Molano saat berada di Cordoba.  

Molano juga mengumumkan peningkatan patroli di sejumlah area perkotaan, pedesaan dan sepanjang jalan utama untuk mengembalikan keamanan, melindungi jalanan dan bisnis. Ia juga menyebutkan kenaikan hadiah bagi yang dapat memberikan informasi soal pemimpin baru Clan del Golfo, dilaporkan France24

Dikabarkan Mercopress, seorang penjual buah dan sayuran di Cerete, Cordoba tewas dibunuh lantaran tidak mematuhi perintah Clan del Golfo untuk menutup tokonya. Sedangkan Asosiasi Transportasi Kargo (ATC) mengaku penutupan ini telah merugikan hingga 400 juta dolar AS (Rp5,8 triliun). Kerugian itu berasal akibat pembakaran kendaraan dan pemblokiran jalan. 

4. Dilakukan bersamaan dengan proses ekstradisi Otoniel ke AS

Serangan ini dilakukan sebagai balasan atas proses ekstradisi bos Clan del Golfo, Otoniel ke New York, AS pada Kamis. Sehari sebelumnya, pemimpin kartel narkoba terbesar di Kolombia itu dikirimkan ke pangkalan militer Catam yang berselelahan dengan Bandara Internasional El Dorado, Bogota.

Dario Antonio Úsuga David dikenal sebagai sosok tertinggi dalam Clan del Golfo dan sudah terlibat dalam konflik bersenjata di Kolombia sejak 1985. Otoniel pernah menjadi anggota beberapa kelompok bersenjata sayap kiri Ejército Popular de Liberación (EPL), sebelum akhirnya berhasil duduk sebagai pemimpin Autodefensas Gaitanistas de Colombia (AGC). 

Di sisi lain, Kejaksaan Kolombia sudah menjatuhkan hukuman lebih dari 40 tahun penjara kepada Otoniel atas berbagai kasus kekerasan kemanusiaan. Pihak kejaksaan juga sedang menginvestigasi pejabat keamanan yang diduga memiliki hubungan dengan AGC, dilaporkan Colombia Reports

Setelah penangkapan Otoniel pada Oktober lalu, Pemerintah Kolombia menduga Wilver Giraldo dan Jesus Avila Villadiego yang memimpin organisasi Clan del Golfo. Mendagri Diego Molano mengumumkan kenaikan hadiah bagi yang bisa memberikan informasi keberadaannya dengan imbalan 1,2 juta dolar AS (Rp17,4 miliar). 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya