Baru Lengket, Presiden Honduras Kunjungi China

Kunjungan pertama Castro ke Beijing

Jakarta, IDN Times - Presiden Honduras Xiomara Castro berkunjung ke Beijing untuk pertama kalinya, usai memutus hubungan dengan Taiwan dan menganggapnya bagian dari China. Sebelumnya, pemerintah Honduras juga meresmikan langsung Kantor Kedutaan Besar di Beijing pada Minggu (11/6/2023).

Sejak Maret 2023, Presiden Castro memutuskan meninggalkan Taiwan dan menyetujui kebijakan one-China policy yang digaungkan Beijing. Selain Honduras, beberapa negara Amerika Tengah, seperti El Salvador dan Nikaragua sudah lebih dulu membuka hubungan diplomatik dengan China. 

Baca Juga: Tinggalkan Taiwan, Honduras Akan Buka Hubungan Diplomatik dengan China

1. China apresiasi Honduras yang berpihak pada prinsip one-China

Menteri Luar Negeri Honduras, Eduardo Enrique Reina bersama Menteri Luar Negeri China, Qin Gang datang langsung untuk membuka Kantor Kedutaan Besar Honduras di Beijing. Keduanya berharap dapat meningkatkan hubungan di berbagai sektor. 

"Hubungan antara Honduras dan China akan membuka peluang baru dan menambah kemampuan baru dari kooperasi antara kedua negara. Pembukaan ini adalah momen bersejarah dan terdapat pertemuan penting di level tertinggi yang diadakan Presiden Castro di China," terang Reina, dikutip DW.

Sementara, Gang mengungkapkan bahwa pendirian hubungan diplomatik China-Honduras ini didasarkan pada prinsip one-China yang disetujui kedua negara. Ia menambahkan kedua negara berkomitmen meningkatkan hubungan dalam 2 bulan terakhir. 

"Perkembangan pesat hubungan antara China-Honduras membuktikan bahwa berpihak pada prinsip one-China adalah sesuatu yang benar. Prinsip ini didukung oleh mayoritas komunitas internasional dan merepresentasikan keinginan dari seluruh dunia," kata Gang.

Baca Juga: Honduras Beri Waktu 30 Hari untuk Diplomat Taiwan Tinggalkan Negeri 

2. Castro memulai kunjungan 6 hari di China

Presiden Xiomara Castro sudah memulai kunjungannya selama 6 hari di China. Ia memulai kunjungannya di Shanghai pada Jumat (9/6/2023) dan akan melakoni sejumlah agenda kenegaraan, termasuk bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping. 

Keesokan harinya, dilansir CGTN, Castro sudah mengunjungi pusat finansial Shanghai dan berkunjung ke kantor pusat New Development Bank (NDB) yang digagas oleh BRICS. Ia pun bertemu dengen Presiden NDB, Dilma Rousseff untuk membicarakan keanggotaan negaranya di bank tersebut. 

Pada hari yang sama, Castro juga berkunjung ke pusat penelitian Huawei di Shanghai untuk memperingati 15 tahun kooperasi antara Honduras dengan Huawei. Ia pun menyatakan keinginan pemerintah untuk memperdalam hubungan dengan perusahaan teknologi China tersebut. 

Direktur Huawei, Liang Hua berharap kerja sama kedua pihak dapat membantu lewat pakar teknis dan pengalaman bisnis yang berkontribusi, untuk menyediakan konektivitas jaringan dan menerapkan strategi transformasi digital di Honduras. 

Baca Juga: Honduras Resmi Akhiri Hubungan Diplomatik dengan Taiwan

3. China-Honduras jajaki kerja sama perdagangan dan peluang bisnis 

Pada Minggu, diadakan Konferensi Pertukaran Wirausaha China-Honduras untuk pertama kalinya di Beijing. Dalam acara tersebut, pebisnis dari kedua negara terus aktif dalam mencari peluang dalam berkooperasi di bidang pertanian, teknologi, finansial, dan lainnya. 

Dilaporkan Global Times, Wakil Menteri Integrasi Ekonomi dan Perdagangan Internasional Honduras, Melvin Redondo sudah menjelaskan selama 30 menit terkait iklim investasi dan keunggulan produk Honduras. Ia menjelaskan kepada seluruh pebisnis di China yang hadir. 

Pada Senin (12/6/2023), Menteri Pembangunan Ekonomi Honduras, Fredis Cerrato mengatakan bahwa negaranya dan China akan mendiriakn kelompok dalam mempromosikan FTA (Perjanjian Perdagangan Bebas) dan kooperasi antara perusahaan dari kedua negara. 

"Saat ini, intensi kooperasi dan progres bisnis antara kedua negara hanya terkonsentrasi pada sektor pertanian, seperti ekspor kopi, udang putih, melon, dan berbagai produk lainnya yang dapat diekspor ke China," papar Cerrato. 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya