China Tarik Dubes di Lithuania Soal Konflik Taiwan

Protes atas pembukaan kedubes Taiwan di Lithuania

Beijing, IDN Times - Pemerintah China pada Selasa (10/8/2021) telah menarik duta besarnya di Vilnius, Lithuania terkait dengan permasalahan dengan Taiwan. Bahkan China juga meminta Lithuania menarik duta besarnya di Beijing di tengah meningkatnya tensi antara kedua negara.

Penarikan ini dilakukan lantaran China menganggap Lithuania memperbolehkan Taiwan untuk membuka kedutaan di negara Baltik tersebut sesuai dengan namanya. Pasalnya selama ini China menganggap Taiwan sebagai bagiannya. 

1. China mendesak Lithuania membatalkan rencana pembukaan kedubes Taiwan

Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Selasa (10/8/2021) memutuskan untuk memanggil duta besarnya di Lithuania dan menyuruh negara Baltik itu melakukan hal yang sama. Hal ini menanggapi rencana pembukaan kantor duta besar resmi dengan nama Taiwan di Lithuania pada bulan Juli lalu. 

Dilansir dari South China Morning Post, Menlu Wang Yi mengatakan, "Keputusan ini melanggar semangat komunikasi terkait pembangunan hubungan diplomatik antara China dan Lithuania. Ini sebagai bentuk meremehkan kedaulatan dan integritas teritorial China."

"Kami mendesak Lithuania untuk sesegera mungkin mengakui kesalahannya, mengambil kebijakan konkrit untuk memperbaiki kerusakan, dan tidak bertindak jauh dalam kesalahan ini. Kami juga memperingatkan otoritas Taiwan bahwa kemerdekaan Taiwan merupakan jalan buntu dan segala upaya separatis dalam arena internasional akan gagal." 

2. Pembukaan kantor kedubes Taiwan di Lithuania

China Tarik Dubes di Lithuania Soal Konflik TaiwanIlustrasi bendera Taiwan. instagram.com/linglingcambridge/

Pada 20 Juli lalu, Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu sudah mengungkapkan rencana pembukaan kantor representatif di Lithuania, dengan nama Taiwan bukan Taipei. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan ekonomi dalam berbagai bidang, termasuk persahabatan antara warga negara. 

Pengumuman ini lantas membuat geram China dan Kantor Urusan Taiwan di Lithuania yang mengatakan, "Jangan mengirimkan kesalahan tanda yang bisa memaksa adanya kemerdekaan Taiwan."

Bahkan pembukaan kantor kedutaan di Lithuania ini ada di tengah memuncaknya tensi antara China dan Taiwan dalam beberapa dekade terakhir. Atas kasus ini, Beijing begitu sensitif terkait permasalahan Taiwan dan adanya dukungan kecil saja kepada Taipei akan menimbulkan insiden diplomatik, dilaporkan dari The Guardian

Baca Juga: Belarusia Selidiki Kematian Migran Irak di Lithuania

3. Lithuania kecewa dengan sikap Pemerintah China

Menanggapi sikap China terkait rencana pendirian kantor representatif Taiwan, Lithuania menyebut tindakan ini begitu mengecewakan. Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis berkata, "Kami ingin gerakan selanjutnya terkait pembukaan kantor kedubes Taiwan. Sangat jelas, kita sudah mendapatkan pesan tersebut tetap kita juga menyebutkan pesan kita, bahwa Lithuania akan melanjutkan kebijakannya tetapi karena ini bukan hanya kebijakan Lithuania, tetapi juga kebijakan dari sejumlah negara Eropa."

Di sisi lain, juru bicara Mendagri AS, Ned Price mengatakan Amerika Serikat mendukung partner Eropa dan sekutu lainnya dalam membangun hubungan dengan Taiwan dan melawan sikap pemaksaan China. Price juga berkata, "Kami teguh pada solidaritas dengan sekutu NATO Lithuania dan kami mengecam aksi pembalasan RRC."

China diketahui telah memberikan tekanan besar kepada Taiwan dan berkeinginan keras membawa Taiwan ada di bawah kepemimpinannya. Pada Februari lalu, Guyana juga sudah membatalkan kesepakatan dengan Taiwan untuk membuka kantor representatif hanya berselang satu hari setelah Taipei mengumumkan rencana tersebut, dikutip dari Reuters

Baca Juga: Lithuania Setujui Aturan untuk Menahan Migran

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya