'Balas Dendam', Meksiko Memberlakukan Tarif Impor pada Produk Amerika

Trump juga mengenakan tarif impor pada produk Meksiko

Mexico City, IDN Times - Meksiko membalas langkah dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang memberlakukan tarif impor pada produk aluminium dan baja dari Meksiko. Meksiko mengumumkan untuk memberikan tarif impor sekitar 20-25% terhadap daging babi, baja, keju dan barang lainnya yang berasal dari Amerika Serikat, dilansir dari Nytimes.com.

1. Meningkatnya tensi perdagangan

'Balas Dendam', Meksiko Memberlakukan Tarif Impor pada Produk Amerikanationalinterest.org

Presiden Donald Trump minggu lalu telah mengumumkan untuk memberikan tarif pada produk alumunium dan baja impor dari Meksiko, Kanada dan Uni Eropa. Setelah sebelumnya Amerika Serikat telah memberikan tarif impor terhadap barang-barang impor dari Cina.

Hal ini akan berdampak pada meningkatnya harga barang-barang dan memengaruhi perdagangan dunia, serta hubungan antara beberapa negara yang terkait dalam perang dagang ini.

Apalagi Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada merupakan negara yang tergabung dalam NAFTA.

2. Amerika Serikat merupakan pasar terbesar produk Meksiko

'Balas Dendam', Meksiko Memberlakukan Tarif Impor pada Produk Amerikabusinessinsider.sg

Meksiko merupakan pasar terbesar produk ekspor daging babi dari Amerika Serikat. Tentu ini akan berdampak pada peternak daging babi di Amerika Serikat merugi akibat tarif impor yang diberlakukan oleh Meksiko.

Dilansir dari BBC, Amerika Serikat dan Meksiko memiliki besaran perdagangan senilai 600 miliar USD dengan 16% ekspor Amerika Serikat dijual ke Meksiko. Sedangkan 80% eskpor Meksiko dijual ke Amerika Serikat.

3. Meksiko akan mencari partner dagang lain untuk menyediakan pasokan daging babi

'Balas Dendam', Meksiko Memberlakukan Tarif Impor pada Produk Amerikaeluniversal.com.mx

Menteri Perdagangan Meksiko, Ildefonso Guajardo menyatakan akan mengimpor lebih banyak produk babi dari Eropa, setelah mengenakan tarif baru pada daging babi asal Amerika sebesar 20%.

Lebih dari 90% pasokan daging babi di Meksiko berasal dari Amerika Serikat. Namun setelah adanya tarif impor, dilansir dari Reuters.com, negara di Amerika Latin ini akan mencari pasokan lain untuk memenuhi kebutuhan daging babi. Agar mencegah mahalnya harga daging babi yang akan berdampak nantinya.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya