Comscore Tracker

Jeanine Anez Ditahan, Ribuan Warga Bolivia Protes

Tuntut pembebasan Jeanine Anez

La Paz, IDN Times - Puluhan ribu warga Bolivia menggelar aksi demonstrasi menentang penahanan mantan Presiden Jeanine Anez. Adanya aksi demonstrasi ditengarai pihak oposisi yang memanggil seluruh warga untuk memrotes tindakan sepihak dari pemerintahan Bolivia. 

Sebelumnya pada hari Sabtu (13/03/2021) Pemerintah Bolivia menangkap Jeanine Anez di kediamannya terkait dengan tuduhan penghasutan untuk melengserkan Evo Morales dari kepemimpinannya. 

1. Puluhan ribu warga minta pembebasan Anez

Pada hari Senin (15/03/2021) puluhan ribu warga Bolivia melakukan demonstrasi untuk memrotes penahanan mantan presiden sementara Bolivia Jeanine Anez beserta dua mentan menteri saat kepemimpinannya. Bahkan demonstrasi terjadi di beberapa kota besar Bolivia, yakni La Paz, Santa Cruz, Cochabamba, dan Trinidad. 

Bahkan di pusat perekonomian Bolivia, kota Santa Cruz de la Sierra sekitar 40 ribu pendemo memadati di dekat Lapangan Kristus. Sebelumnya lapangan tersebut hanya menjadi lokasi demonstrasi sayap kanan di Bolivia, dilansir dari France24

Melansir dari RT, demonstrasi di Santa Cruz juga dihadiri oleh gubernur baru Luis Camacho yang ikut berkumpul bersama massa pendukung pemerintah sayap kanan tersebut. Ia bersama pendukungnya menyuarakan, "Kami tidak akan meninggalkanmu. Kami akan tegas karena ini akan menjadi pertarungan yang sengit." 

2. Anez sudah dijatuhi hukuman awal empat bulan penjara

Melansir dari Al Jazeera, Jeanine Anez sudah dijatuhi hukuman awal selama empat bulan penjara atas kasus terorisme, penghasutan, dan konspirasi terkait pelengseran Evo Morales pada 2019 lalu. Selain itu, Menteri Hukum Bolivia Ivan Lima juga mengatakan jika gugatan lain masih akan diajukan terkait korupsi keuangan dan pelanggaran HAM dalam satu tahun masa pemerintahannya. 

Bahkan dalam wawancaranya di televisi nasional menyebutkan bahwa, "Kami berharap tidak hanya empat bulan tahanan, tapi kami berharap dapat menggugat penahanan selama 30 tahun. Hal ini dikarenakan adanya pembataian berdarah, sehingga ada keluarga, ayah dan ibu yang pergi meninggalkan anaknya."

Baca Juga: Bolivia: Jeanine Anez Ditahan Atas Aksi Kudeta

3. Mendapat kecaman dari Presiden Brasil

Jeanine Anez Ditahan, Ribuan Warga Bolivia ProtesPresiden Brasil, Jair Bolsonaro saat bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman Al Saud dalam G20 Summit. instagram.com/jairmessiasbolsonaro/

Menanggapi penahanan mantan pemimpin konservatif Jeanine Anez pada akhir pekan lalu, Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Selasa (16/03/2021) turut mengecam aksi penangkapan tersebut. Bahkan Bolsonaro juga meragukan tuduhan yang diberikan padanya oleh pemerintahan sayap kiri Bolivia, dilansir dari Reuters

Sementara Menteri Luar Negeri Brasil juga turut mengkritisi kejadian penahanan Anez di Bolivia dan mengatakan, "Brasil mendukung pembentukan pemerintahan yang dipimpin Presiden Jeanine Anez yang dikukuhkan usai pengunduran diri mantan Presiden Evo Morales."

Sebelumnya Jeanine Anez menjabat sebagai presiden sementara Bolivia selama kurang dari satu tahun usai lengsernya Evo Morales yang sudah memimpin selama 13 tahun. Namun pemilu tahun lalu yang dimenangkan calon dari partai MAS membuat kekuasaan sayap kiri kembali di negara Amerika Selatan tersebut. 

Baca Juga: Bolivia Gelar Pemilu Regional di Tengah Pandemik

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya