Comscore Tracker

Kasus COVID-19 Naik, Kosta Rika Berlakukan Pembatasan Baru

Akan menutup fasilitas umum dan batasi kendaraan

San José, IDN Times - Pemerintah Kosta Rika memustuskan untuk menerapkan kembali pembatasan menyusul peningkatan kasus COVID-19 di negaranya. Bahkan beberapa hari belakangan ini disebut terjadi lonjakan yang mencapai rekor baru di negara Amerika Tengah tersebut. 

Adanya kebijakan pembatasan baru ini dilakukan untuk meredam tingginya angka penularan selama bulan April yang dikhawatirkan dapat menyebabkan kolapsnya layanan kesehatan. 

1. Pemberlakuan pembatasan baru di Kosta Rika

Kasus COVID-19 Naik, Kosta Rika Berlakukan Pembatasan BaruMenteri Kesehatan Kosta Rika, Daniel Salas ketika divaksinasi dengan vaksin AstraZeneca. (twitter.com/msaludcr)

Pemerintah Kosta Rika melalui Menteri Kesehatan Daniel Salas mengumumkan apabila pihaknya akan memberlakukan kembali pembatasan pada hari Kamis (29/04/2021). Pemberlakukan pembatasan ini akan dilakukan satu minggu mulai tanggal 3 Mei hingga 9 Mei mendatang. 

Salas juga mengatakan pada pembatasan kali ini akan diberlakukan di regional Valle Central yang meliputi ibukota San Jose, Alajuela, Cartago dan Heredia. Nantinya sejumlah toko non esensial, seperti departement store, salon, tempat potong rambut, gim dan lainnya diharuskan tutup selama satu minggu. 

Bahkan pemerintah setempat juga sedang mengupayakan peresmian Hukum Kesehatan Baru yang memperbolehkan polisi untuk masuk ke properti pribadi seseorang apabila diketahui menyelenggarakan pesta, dilansir dari El Pais

2. Berlakukan pembatasan kendaraan di jalanan

Kasus COVID-19 Naik, Kosta Rika Berlakukan Pembatasan BaruSuasana jalan nasional Autopista General Cañas di San Jose, Kosta Rika. (instagram.com/skyscrapercity_centroamerica)

Selain menutup bisnis non esensial selama satu minggu, pemerintah Kosta Rika juga memberlakukan pembatasan lalu lalang kendaraan. Deputi Kementerian Keamanan Publik Kosta Rika Eduardo Solano mengatakan jika pembatasan ini akan dilakukan mulai Senin (03/05/2021) hingga Senin (31/05/2021). 

Pemberlakuan pembatasan kendaraan menggunakan aturan ganjil dan genap, serta akan diberlakukan mulai pukul 5.00 hingga 21.00 waktu setempat. Akan tetapi pada wilayah Valle Central akan diberlakukan pembatasan pada hari kerja, sedangkan di luar area tersebut diberlakukan pada akhir pekan, dikutip dari El Financiero

Baca Juga: Kosta Rika Resmikan Radar Deteksi Sampah Luar Angkasa

3. Tingginya kasus COVID-19 di Kosta Rika pada bulan April

Mengutip dari El Diario, Kosta Rika telah mengalami lonjakan yang cukup tinggi dan mencapai rekor pada 13 April yang mencapai 2.799 kasus COVID-19 dalam 24 jam. Padahal dua bulan sebelumnya kasus COVID-19 di negara Amerika Tengah stagnan pada penambahan sebesar 400.  

Pemerintah setempat juga memperingatkan jika reproduksi virus saat ini mencapai 1,41 yang artinya dari 10 orang carier dapat menginfeksi 14 lainnya. Belum lagi situasi pandemik diperburuk dengan masuknya varian baru asal Brasil, Afrika Selatan dan Inggris. 

Mulai tahun 2021, Kosta Rika mempraktikan pembukaan seluruh aktivitas ekonomi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pembatasan kapasitas ruangan dan penerapan jaga jarak. Hingga hari Jumat (30/04/2021) jumlah kumulatif COVID-19 mencapai 250.991 kasus dengan kematian sebesar 3.231 jiwa. 

Baca Juga: Kosta Rika Resmikan Radar Deteksi Sampah Luar Angkasa

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya