Kebakaran di Tepoztlán Hanguskan Ratusan Hektar Hutan

Kebakaran terbesar di Tepoztlán dalam 20 tahun terakhir 

Kota Meksiko, IDN Times - Kebakaran hutan kembali terjadi di Meksiko, kini kebarakan melanda hutan di Tepoztlán yang terletak di sebelah selatan Kota Meksiko. Bahkan kebakaran kali ini sudah menghanguskan sekitar ratusan hektare hutan dan diperkirakan masih terus meluas. 

Sejak awal tahun ini, sudah terjadi ratusan kebakaran hutan di Meksiko yang disebabkan terpaan iklim kering. Kebakaran hutan sebelumnya di negara bagian Nuevo Leon telah menghanguskan ribuan hektare hutan. 

1. Kebakaran sudah terjadi sejak akhir pekan

Sejak hari Minggu (11/04/2021) kebakaran telah melanda area hutan di Tepoztlán yang terletak di negara bagian Morelos. Bahkan menurut informasi terbaru kebakaran yang sudah berlangsung selama beberapa hari tersebut sudah menyebabkan sekitar 350 hektare area hutan di Bukit Santo Domingo hangus terbakar. 

Menurut Tim Penanganan Darurat Morelos mengatakan bahwa operasi pemadaman sudah dilakukan di Taman Nasional El Tepozteco. Namun terdapat kesulitan untuk memadamkan api lantaran kecepatan angin yang mencapai 15 km per jam. Selain itu, topografi area yang bertebing membuat petugas pemadan kesulitan untuk mencapai titik api, dilansir dari Infobae

Baca Juga: Kebakaran Hutan Besar Terjadi di Meksiko Timur Laut

2. Belasan tim pemadan mengalami luka-luka dan keracunan

Kebakaran di Tepoztlán Hanguskan Ratusan Hektar HutanPetugas yang memadamkan api di Tepoztlán, Meksiko. (twitter.com/CEECA_Morelos)

Sejak Senin (12/04/2021) sekitar 211 anggota tim dan ahli pemadaman api dari negara bagian Morelos sudah dikerahkan untuk menjinakkan api. Bahkan komunitas brigadir juga ikut dikerahkan ke lokasi termasuk polisi hutan dan tim Perlindungan Sipil dan Lingkungan di wilayah Tepoztlán. 

Sementara pada Selasa (13/04/2021) dua pesawat dari Komisi Air Nasional (Conagua) dan satu dari Sekretariat Pertahanan Nasional (Sedena) sudah datang untuk membawa air ke titik-titik api yang sulit untuk ditembus. Akan tetapi karena tingginya konsentrasi asap, beberapa anggota brigadir dan relawan mengalami keracunan, dilansir dari Milenio.

Mengutip dari La Jornada, akibat kebakaran ini menyebabkan sekitar 14 personil mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Cuautla. Sedangkan tim SDS sudah dikerahkan untuk menangani petugas yang mengalami keracunan dan beberapa diantara orang mengalami hipotermia. 

3. Mayoritas titik api sudah dapat dikontrol

Kebakaran di Tepoztlán Hanguskan Ratusan Hektar HutanPetugas yang memadamkan titik api di Tepoztlán, Meksiko. (twitter.com/CNPC_MX)

Melansir dari Milenio, menurut kepala Kontingensi Pusat Darurat dan Lingkungan Morelos, Raymundo Rosales mengatakan jika setidaknya sudah 70 persen titik api sudah dapat dikontrol. Bahkan 50 persen titik kebakaran sudah berhasil dijinakkan oleh seluruh jajaran diterjunkan. Maka pada Kamis ini akan dilakukan langkah progresif untuk mengatasi bencana kebakaran ini. 

Sedangkan pihak Perlindungan Sipil Morelos mengatakan bahwa kebakaran kali ini menjadi yang terbesar di Tepoztlán selama 20 tahun terakhir. Diketahui api berasal darri area Malinalapa dan berkembang ke kota Santo Domingo dan beberapa area lain di Bukit Tepozteco yang menjadi zona hutan dan situs arkeologi. 

Kebakaran di Tepoztlán kali ini menjadi salah satu rentetan kebakaran hutan akibat iklim kering yang melanda Meksiko. Bahkan diketahui 83 persen teritori negara Meksiko terdampak iklim kering beberapa hari belakangan dan menyulut sekitar 70 kejadian kebakaran hutan secara bersamaan, dilaporkan dari El Pais

Baca Juga: Kebakaran Hutan Ashikaga, Jepang Ancam Permukiman Warga

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya