Comscore Tracker

Kota Beijing Kembali Dihantam Badai Pasir Besar

Hanya selang dua pekan dari badai pertama

Beijing, IDN Times - Setelah diterjang badai pasir besar dalam satu dekade terakhir, kota Beijing kini kembali dihantam badai pasir lanjutan. Sama seperti sebelumnya suasana ibukota Tiongkok tersebut kembali diselimuti kabut kuning yang membuat jarak pandang begitu minim. 

Adanya hantaman badai pasir kedua ini membuat pemerintah lokal memberi anjuran pada warganya agar tetap berada di dalam rumah dan tidak keluar apabila tidak punya kepentingan mendesak.

1. Kembali diterjang badai pasir kedua dalam jangka dua minggu

Kota Beijing Kembali Dihantam Badai Pasir BesarSuasana kota Beijing ketika dilanda badai pasir. (twitter.com/ZhouLeiArt)

Pada Minggu (28/03/2021) pagi, kota Beijing sudah diselimuti badai pasir terparah setelah dua minggu lalu diterjang badai yang sama. Badai tersebut datang bersama debu tebal yang membawa partikel berbahaya dan membuat langit di seluruh area metropolitan Beijing berwarna kuning. 

Badai kali ini dibawa oleh angin kering yang berasal dari Mongolia menuju ke selatan. Bahkan adanya badai pasir kali ini disebut memperparah tingginya polusi udara di ibukota Tiongkok tersebut, dikutip dari The Guardian

2. Badai pasir sebabkan minimnya jarak pandang 

Baca Juga: Tiongkok Utara Dihantam Badai Pasir Terbesar dalam Satu Dekade

Sebelumnya Badan Meteorologi Beijing sudah memberikan peringatan kuning yang merupakan peringatan terendah kedua dalam sistem sejak hari Sabtu. Selain itu, otoritas tersebut juga memberi peringatan akan angin kencang dan menganjurkan warganya untuk tetap berada di dalam rumah sebisa mungkin. 

Bahkan sejak Minggu siang, indeks kualitas udara di Beijing sudah mencapai batas maksimum yang bisa dibaca sebesar 500. Jarak pandang di Beijing juga menurun menjadi 1000 meter, serta membuat matahari layaknya berwarna biru akibat adanya difusi dari partikel di udara, dilansir dari South China Morning Post

3. Badai pasir juga terjadi di beberapa wilayah lainnya

Selain di Beijing, badai pasir kedua di Tiongkok ini juga menghantam sebagian wilayah utara, seperti Mongolia Dalam, Shanxi, Liaoning dan Hebei. Provinsi tersebut diketahui melingkari wilayah sekitar ibukota Tiongkok tersebut. 

Sementara badai pasir diprediksi hanya akan berlangsung selama 12 jam saja, tapi sudah menyebabkan dibatalkannya penerbangan di Bandara Chifeng dan Baotou, Mongolia Dalam sebesar 60 dan 50 persen. 

Di samping itu, menurut badan meteorologi setempat memprediksi badai pasir masih akan melanda wilayah Beijing pada bulan April mendatang yang disebabkan tidak bersahabatnya cuaca belakangan ini, dilaporkan dari Reuters

Baca Juga: Usai Diterpa Badai Eta Nikaragua Dihantam Badai Iota 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya