Comscore Tracker

Meksiko dan Argentina Buka Poros Progresif Baru di Amerika Latin

Makin eratnya hubungan Argentina-Meksiko

Kota Meksiko, IDN Times - Sejak hari Senin (22/02) Presiden Argentina, Alberto Fernandez melakukan kunjungan kenegaraan ke Meksiko untuk bertemu Presiden Andres Manuel Lopez Obrador. Kedua kepala negara juga sudah melakukan perjanjian poros progresif anti neoliberal di Amerika Latin. 

Presiden Alberto Fernandez sudah melakukan kunjungan selama tiga hari lamanya di Meksiko untuk meningkatkan kerja sama sosial politik dan terkait penanganan COVID-19 di masing-masing negara.

1. Kedua negara bentuk poros progresif di Amerika Latin

Pada hari Selasa (23/02) Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan Presiden Argentina Alberto Fernandez melakukan perjanjian untuk tujuan umum terkait konsolidasi progresif baru poros di Amerika Latin. Bahkan kedua kepala negara tersebut berniat membuat aliansi dan poros untuk mempersatukan seluruh negara Amerika Latin, dilansir dari El Pais

Melansir dari El Tiempo, Presiden Alberto Fernandez juga mengatakan pada konferensi pers di Istana Kepresidenan Meksiko bahwa, "Mulai dari negara di utara Amerika Latin hingga negara di ujung selatan kami bisa membuat poros yang menyatukan seluruh benua. Ini merupakan tugas kita dengan Andres Manuel."

2. Tingkatkan kerja sama penanganan COVID-19

Melansir dari Infobae, Pemerintah Meksiko dan Argentina mengumumkan pada hari Rabu (24/02) bahwa tidak ada satupun negara Amerika Latin yang kekurangan akses vaksin COVID-19. Selain itu kedua negara akan terus berkolaborasi sehingga seluruh regional akan bisa mencukupi pasokan produksi vaksin. 

Saat pertemuan kedua pemimpin negara, Alberto Fernandez juga mengucapkan jika, "Pandemi COVID-19 telah menunjukkan pentingnya mempertahankan agar Amerika Latin dan Karibia tetap kuat, bersatu dan berslodaritas. Tidak ada satupun negara di kawasan regional yang tidak masuk dari keadilan, kesamaan waktu akses terhadap kesehatan, vaksin dan perlengkapan medis.

Di samping itu, Meksiko dan Argentina akan berkolaborasi dengan AstraZeneca untuk memroduksi sekitar 200 juta dosis vaksin yang dikembangkan Universitas Oxford. Nantinya produksinya akan dijual untuk pasar negara Amerika Latin. 

Baca Juga: Chile Jadi Negara Terdepan di Amerika Latin dalam Vaksinasi

3. Fernandez berikan pujian kepada Meksiko

Melaporkan dari El Tiempo, kedatangan Presiden Alberto Fernandez ke Meksiko ini untuk meningkatkan kerja sama dan kedekatan antara dua pemimpin sayap kiri. Bahkan Fernandez juga memberikan pujian kepada Lopez Obrador yang disebut bisa membuat Meksiko kembali ke jalur yang benar di tengah situasi buruk.

Selain itu, ia juga memberikan pujian lantaran mau memberikan suaka kepada Evo Morales di tengah ancaman kudeta di Bolivia pada 2019 lalu. Ia kemudian juga mengungkapkan jika Meksiko memiliki kemampuan dalam memberi bantuan kemanusiaan, terkait bantuan negara tersebut untuk menampung warga Argentina saat masa diktator. 

Baca Juga: Chile Jadi Negara Terdepan di Amerika Latin dalam Vaksinasi

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya