Meksiko: Jurnalis PM Noticias Dibunuh Orang Tak Dikenal

Menjadi jurnalis keenam yang dibunuh di Meksiko tahun ini

Jakarta, IDN Times - Seorang jurnalis bernama Manuel González Reyes ditemukan tewas pada Selasa (28/9/2021) di El Miraval, Cuernavaca. Jurnalis dari media PM Noticias itu tewas dengan adanya luka tembak dan diduga tewas dibunuh oleh sekelompok orang bersenjata tak dikenal. 

Pada Agustus lalu, seorang jurnalis di Veracruz tewas ditembak tak jauh dari kediamannya sendiri di Ixtaczoquitlán. Kasus ini juga menambah deretan pembunuhan kepada jurnalis di Meksiko yang diduga dilakukan oleh organisasi kartel. 

1. Gonzalez Reyes ditembak pada bagian kepala

Menurut keterangan dari Kantor Kejaksaan mengatakan bahwa Manuel González Reyes ditembak pada petang hari tepat pukul 16.37 waktu setempat. Setelah insiden penembakan ini, Komisi Keamanan Publik (CES) dan paramedis sudah datang ke lokasi kejadian, sayangnya ia sudah tidak tertolong. 

Sementara itu, agen dari Unit Khusus TKP dan Badan Investigasi Kriminal (AIC) datang untuk membawa tubuh korban. Berdasarkan keterangan otoritas setempat jurnalis dari Portal Morelos itu mengalami luka akibat peluru tajam pada bagian wajah dan kepala. 

"Untuk saat ini, tidak ada informasi terkait berapa jumlah orang yang melakukan aksi pembunuhan ini dan setidaknya ada satu orang yang melakukan penembakan jarak dekat dan kemudian melarikan diri menuju ke area Patios de la Station" ungkap Kantor Kejaksaan, dilansir dari DW

2. Diduga dibunuh oleh dua orang menggunakan sepeda motor

Baca Juga: Masuk ke El Paso, AS Tahan 14 Tentara Meksiko

Sementara itu, berdasarkan laporan dari organisasi Articulo 19 yang mendapat informasi dari beberapa narasumber menyebutkan, Gonzalez Reyes dibunuh oleh dua orang tidak dikenal yang menggunakan sepeda motor saat berada di Kota Cuernavaca. 

Organisasi itu juga mengungkapkan jika Gonzalez Reyes sejak tahun 2017 sudah bekerja untuk menerbitkan informasi terkait politik lokal di Negara Bagian Morelos. Bahkan ia juga ikut berpartisipasi dalam pemilu daerah sebagai kandidat Wali Kota Emiliano Zapata. 

Maka dari itu, Kantor Kejaksaan Morelos akan mengajukan investigasi ini terkait tuntutan kasus perlawanan dalam kebebasan berekspresi dan mengungkapkan jika jurnalis bekerja untuk menginvestigasi sebuah kasus berdasarkan fakta, dilaporkan dari DW

3. Sudah ada 47 jurnalis yang dibunuh pada masa kepemimpinan AMLO

Dikutip dari RSF, Gonzalez selama ini menangani kanal berita lokal terutama dalam bidang bisnis, politik dan kriminal untuk PM Noticias de Morelos yang ia dirikan pada tahun 2017 silam. Bahkan beberapa waktu belakangan, Gonzalez telah mengungkapkan beberapa kasus pembunuhan lokal dan serangan penembakan. 

"Semua mengindikasikan bahwa Meksiko sekali lagi menjadi salah satu negara di dunia yang paling berbahaya bagi jurnalis pada tahun ini. Adanya kabar mengerikan ini, maka otoritas federal harus beraksi dan harus membuat keputusan berani dalam menangani tingginya angka kekerasan. Pembunuhan Manuel Gonzalez Reyes, sama seperti kematian jurnalis lainnya, tidak boleh ditinggal tanpa hukuman" kata Emmanuel Colombie, kepala RSF Amerika Latin. 

Negara Bagian Morelos yang terletak di selatan ibu kota Mexico City menjadi salah satu daerah dengan kasus pembunuhan tinggi, di mana terdapat 407 pembunuhan dalam paruh pertama tahun 2021.  

Di samping itu, Gonzalez menjadi jurnalis keenam yang tewas dibunuh di Meksiko pada tahun ini. Sementara, sudah ada 47 jurnalis yang dibunuh di negara Amerika Latin itu sejak kepemimpinan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador pada 1 Desember 2018 silam, dilansir dari The Rio Times

Baca Juga: AS-Meksiko Tingkatkan Deportasi Migran Haiti

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya