Pebisnis Inggris Ditembak Mati di Playa del Carmen, Meksiko

Dieksekusi di depan anak remajanya

Jakarta, IDN Times - Seorang pebisnis real estate asal Inggris Raya, Chris Cleave ditemukan tewas dengan luka tembak di Playa del Carmen, Meksiko pada Sabtu (12/3/2022). Kasus ini diduga merupakan pembunuhan berencana yang dilakukan oleh organisasi kriminal penyelundupan narkoba. 

Peristiwa yang menimpa Cleave ini menambah panjang kasus kekerasan di area wisata internasional Cancun, Meksiko. Pasalnya, beberapa kejadian pembunuhan berencana dan penembakan sudah terjadi di Cancun sejak pertengahan tahun lalu. 

1. Cleave ditembak ketika sedang mengendarai mobil

Penembakan yang menimpa pebisnis Chris Cleave dilaporkan terjadi di sekitar kawasan hotel mewah di Playa del Carmen, Meksiko. Bahkan, ia dibunuh saat sedang mengendarai mobil Audi merah miliknya bersama anaknya yang masih berusia 14 tahun. 

Dilansir Mexico News Daily, Jasad pebisnis asal Inggris itu ditemukan di dalam mobilnya tepat di Jalan Xcalacoco sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Cleave diketahui tewas di tempat lantaran mendapatkan luka tembak beberapa kali dari dua orang pengendara motor. 

Sementara anaknya yang bernama Chloe selamat lantarna hanya mengalami luka ringan dan sudah dilarikan ke rumah sakit usai mengalami trauma. Padahal, ia baru saja melangsungkan pesta ulang tahun anaknya yang ke 14 tahun pada Rabu lalu. 

Cleave yang berasal dari Cornwall, Inggris diketahui sudah tinggal di Meksiko sejak tahun 2013 dan menjual serta menyewakan properti di Playacar yang terletak di kawasan pusat kota Playa del Carmen. 

2. Dua terduga pelaku penembakan berhasil ditangkap

Baca Juga: Kartel Narkoba Serang Konjen AS di Nuevo Laredo, Meksiko

Menurut keterangan dari Kantor Kejaksaan Quintana Roo, terduga pelaku penembakan yang menggunakan sepeda motor berhasil ditangkap oleh aparat kepolisian. Pihak polisi menyebut jika pelaku sudah mengikuti Cleave setelah ia meninggalkan rumahnya di pagi hari. 

"Ini bukanlah penembakan secara acak, tetapi ini merupakan bentuk penembakan yang menargetkan seseorang. Dia memang menjadi target pembunuhan" ungkap Kantor Kejaksaan Quintana Roo. 

Dua orang yang ditangkap polisi bernama Jose N dan Lenin N yang diduga menjadi pelaku dibalik kematian Cleave. Keduanya dilaporkan berusaha melarikan diri di mana salah satunya bersembunyi di semak-semak dan seorang lainnya terus mengendarai motornya. 

Kendati demikian, polisi masih belum mengetahui lebih lanjut motif dari pembunuhan berencana ini. Namun, aparat penegak hukum menduga kasus kematian Cleave ini ada hubungannya dengan kartel narkoba, dikutip dari Daily Mail

3. Cleave sudah mendapat ancaman dari kartel narkoba

Pebisnis Inggris Ditembak Mati di Playa del Carmen, MeksikoMiliter Meksiko yang diterjunkan di area wisata Cancun, Meksiko. (twitter.com/usaunify)

Penyerangan ini diduga ada kaitannya dengan ancaman dari kartel narkoba kepada Cleave beberapa hari lalu. Pasalnya, teradapat narcomanta atau spanduk ancaman dari kartel yang menyebut nama Chris Cleave beserta dua orang lainnya pada tanggal 5 Maret. 

"Ini untukmu Filipp dan Jack dari Playacar, dengan mobil Range Rover dan Porsche dan partner rahasiamu di Bistro Playacar. Kami datang untukmu dan menjual barang-barangmu. Juga untukmu Cris dengan Audi warna merah. Tutup mulutmu sebelum kamu ditemukan di dalam kantong plastik. Playacar akan menjadi penjaramu karena di luar sudah ada yang menunggumu" tulis Comandante Cobra. 

Sementara beberapa temannya mengaku terkejut mendengar kabar pembunuhan Cleave di Meksiko. Pada halaman sosial media Facebook, mereka mengaku jika Chris dikenal sebagai seorang yang baik dan akan terus mengenang kebaikannya, dikutip New York Post

Negara bagian Quintana Roo diketahui menjadi wisata internasional yang dikunjungi sekitar 12 juta turis setiap tahunnya. Namun, kasus kekerasan belakangan ini telah mengakibatkan reputasi area wisata tersebut dan memaksa Pemerintah Meksiko menerjurkan lebih dari 1.500 militer ke Cancun. 

Baca Juga: Petinggi Organisasi Kriminal Ditangkap di Culiacan, Meksiko

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya