Petinggi Organisasi Kriminal Ditangkap di Culiacan, Meksiko

Ditangkap saat menghadiri upacara pembaptisan

Jakarta, IDN Times - Otoritas Meksiko pada Jumat (18/2/2022) telah menangkap seorang petinggi organisasi kriminal bernama José Bryan Salgueiro Zepeda alias El 90. Pasalnya, ia diduga telah terlibat kasus penculikan dan dikenal memiliki hubungan dengan Kartel Sinaloa.

Pada minggu lalu, kartel narkoba yang disebut berasal dari Sinaloa telah melakukan konvoi besar-besaran di Caborca, Sonora. Peristiwa itu telah mengakibatkan dua orang tewas dan lima orang pemuda hilang lantaran diculik pasukan kartel.  

1. El 90 ditangkap ketika berada dalam acara pembaptisan

Penangkapan Bryan alias El 90 ini dilangsungkan di tengah acara pembaptisan massal di sebuah gereja yang terletak di Las Quintas, Culiacan, Sinaloa. Bahkan, video penangkapan Bryan sudah tersebar luas dan mengehebohkan netizen di Meksiko.

Proses penangkapan ini dilakukan oleh Secretaría de la Defensa Nacional (SEDENA) dan Coordinación Nacional Antisecuestros (CONASE) atas perintah dari Kantor Kejaksaan Agung Chihuahua yang telah menyelidiki kasus penculikan. 

Sesuai dalam potongan video viral itu memperlihatkan dua pasangan laki-laki dan perempuan. Pada sebelah kiri diketahui Bryan, sedangkan seorang laki-laki itu diketahui sebagai keponakan El Chapo, yang bernama Elian Guzman alias 'El Chico', dilansir Daily Mail.

Namun, dalam aksi ini hanya Bryan Salgueiro saja yang ditangkap, sedangkan Elian Guzman tidak ditangkap. Padahal, Elian alias El Chico diduga merupakan salah satu petinggi dari organisasi kriminal penyelundup narkoba, Kartel Sinaloa. 

2. Dituding terlibat kasus penculikan di tahun 2020

Baca Juga: Tentara Meksiko Sisir Ranjau yang Ditanam Kartel Narkoba

Dilaporkan El Paso Times, setelah ditangkap di Culiacan, Bryan Salgueiro langsung diterbangkan ke Chihuahua City menggunakan pesawat militer. Ia kemudian langsung dibawa ke penjara dan akan menghadiri persidangan di hari Rabu (23/2/2022).

Kejagung Chihuahua mengatakan jika Bryan merupakan salah satu petinggi dalam organisasi kriminal Los Salgueiro yang beroperasi di negara bagian Chihuahua. Selain itu, ia disebut memiliki hubungan dengan Kartel Sinaloa dan menjadi letnan untuk memimpin area Chihuahua. 

Perintah penangkapan kepada Salgueiro ini dilakukan lantaran ia diduga terlibat dalam kasus penculikan seseorang pada tanggal 19 Mei 2020 lalu. Bahkan, otoritas setempat menyatakan bila penangkapan El 90 adalah salah satu prioritasnya. 

3. Los Salgueiro merupakan organisasi kriminal yang dikelola keluarga besar

Los Salgueiro dikenal sebagai organisasi kriminal yang dikelola oleh keluarga besar Salgueiro di Chihuahua. Organisasi itu dipimpin oleh Ruperto Salgueiro-Nevares, Heriberto Salgueiro-Nevares dan Jose Salgueiro-Nevares yang telah melakukan aksi penyelundupan narkoba.

Ketiga pemimpin Los Salgueiro itu sudah menjadi buronan Pemerintah Amerika Serikat dan sejak November lalu menawarkan hadiah 5 juta dolar (Rp71,7 miliar). Otoritas Meksiko menyebut bila Los Salgueiro telah menyelundupkan rata-rata 15 ton marijuana dan dua ton kokain ke Amerika Serikat setiap bulannya. 

Di sisi lain, saudaranya bernama Noel Salgueiro-Nevarez alias El Flaco sudah diekstradisi ke Amerika Serikat pada 2019 silam atas tuntutan penyelundupan narkoba. El Flaco juga dikenal sebagai pendiri Gente Nueva yang merupakan pasukan bersenjata dari Kartel Sinaloa. 

Gente Nueva diketahui terlibat dalam konflik mematikan peperangan antar kartel narkoba di Ciudad Juarez antara tahun 2008 hingga 2012. Peristiwa berdarah itu telah menyebabkan sekitar 10 ribu orang tewas yang mayoritas menimpa anggota kartel narkoba. 

Baca Juga: Ilmuwan Meksiko Divonis Bersalah dalam Kasus Spionase Rusia

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya