Pemimpin Oposisi Uganda Ditangkap usai Pergi dari Luar Negeri

Diduga mendapat persekusi politik

Jakarta, IDN Times - Pemimpin oposisi Uganda, Bobi Wine, ditangkap oleh aparat keamanan ketika tiba di Bandara Internasional Entebbe pada Kamis (5/10/2023). Pernyataan itu disampaikan oleh perwakilan dari Partai National Unity Platform dan ditunjukkan lewat sebuah foto. 

Bobi Wine, atau yang bernama asli Robert Kyagulanyi, merupakan seorang penyanyi yang beralih jadi politikus di Uganda. Ia pun menjadi sosok oposisi terkuat di Uganda dan sempat menantang Presiden Yoweri Museveni dalam pilpres 2021. 

1. Diarahkan ke sebuah mobil begitu mendarat di Uganda

Partai NUP mengatakan, penangkapan Bobi Wine dilakukan dengan cepat begitu ia tiba dari Afrika Selatan. Ia pun langsung digiring oleh aparat keamanan untuk masuk ke dalam sebuah mobil. 

"Wine seorang politikus penantang Presiden Yoweri Museveni diarahkan dari pesawat di Entebbe. Ke mana Anda membawanya pergi?" ungkap dalam sebuah video yang diunggah oleh Partai NUP, dikutip Reuters.

Juru bicara Polisi Uganda, Patrick ,Onyango mengatakan bahwa petugas sudah ditugaskan untuk mengawal Wine saat akan kembali ke kota asalnya, Kasangati, sekitar 50 km sebelah utara dari Bandara Entebbe. 

Onyango mengatakan bahwa Wine tidak dijadikan sebagai tahanan rumah. Sedangkan pasukan yang berjaga di sekeliling kediamannya hanya sebagai penjagaan kepada politikus oposisi tersebut. 

Baca Juga: 2 Pria Uganda Terancam Hukuman Mati karena Homoseksualitas

2. Bobi Wine mengaku dijadikan tahanan rumah

Menurut keterangan dari Bobi Wine, ia ditarik langsung oleh aparat keamanan ketika keluar dari pesawat. Wine mengaku bahwa ia sekarang dijadikan sebagai tahanan rumah dengan penjagaan aparat keamanan yang ketat. 

"Setelah saya mendarat, mereka langsung menyeret saya dan mencengkeram tangan saya dan menyuruh saya masuk ke dalam mobil. Mereka membawa saya ke bandara lama, mengeluarkan saya, dan menaruh saya di dalam mobil militer dengan sejumlah tentara dan polisi," terang Wine, dilansir Deutsche Welle

"Insiden itu sangat memalukan, sangat tidak menyenangkan, tetapi saya senang akhirnya dapat kembali ke sini. Seperti yang terlihat saat ini, saya berada dalam tahanan rumah karena rumah saya dikelilingi oleh Anda tahu kan, tentara dan polisi di seluruh sudut," tambahnya. 

3. Wine baru saja mempromosikan film dokumenter

Bobi Wine baru saja pulang dari Afrika Selatan untuk mempromosikan film dokumenter tentangnya. Film itu berjudul "Bobi Wine: The People's President" yang akan tayang di National Geographic TV. 

Rencananya, ia akan disambut oleh pendukungnya di Bandara Endebbe dan mengantarnya pulang ke rumah. Namun, sehari sebelumnya, polisi melarang siapapun menyambut Wine dan akan menangkap siapapun yang datang. 

Wine pun sudah beberapa kali ditangkap terkait protesnya terhadap Presiden Museveni yang menjabat sebagai pemimpin di Uganda sejak 1986. 

Pada September, polisi juga mengumumkan larangan kampanye dan mobilisasi yang dilakukan oleh NUP. Partai oposisi itu dianggap akan merusak keamanan dan menyebabkan instabilitas di Uganda. 

Baca Juga: PBB Akhiri Operasi Pengawasan HAM di Uganda

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya