PM Slovakia Sebut Tidak Ada Perang di Kiev: Warga Hidup Seperti Biasa

Tolak berkunjung ke ibu kota Ukraina

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Slovakia Robert Fico, pada Selasa (23/1/2024), menyebut sama sekali tidak ada perang di Kiev, ibu kota Ukraina. Pernyataan itu disampaikan menjelang kunjungan pertamanya ke Ukraina untuk bertemu dengan PM Denys Shmyhal di Uzhhorod. 

Sebelumnya, Fico sudah mengkritisi pemerintahan Ukraina karena menolak berdamai dan memintanya untuk merelakan teritorinya diambil Rusia. Ia bahkan mengaku tidak bakal menyetujui keanggotaan Ukraina dalam NATO karena akan menyulut pecahnya Perang Dunia III. 

1. Fico sebut situasi di Kiev berjalan normal

PM Slovakia Sebut Tidak Ada Perang di Kiev: Warga Hidup Seperti BiasaMantan PM Slovakia, Robert Fico. (facebook.com/robertficosk)

Fico mengatakan, kehidupan di Ukraina berjalan normal seperti sebelum dimulainya perang Rusia-Ukraina, ketika ditanya kenapa tidak berkunjung ke Kiev untuk bertemu PM Shmyhal. 

"Tidak ada perang di Kiev. Apakah Anda berpikir bahwa ada perang di Kiev? Saya harap pertanyaan Anda tidak serius karena kehidupan di sana berjalan normal seperti sedia kala," terang Fico, dilansir Politico.

"Untuk apa saya berkunjung ke Kiev jika saya bisa menemui PM Shmyhal di Uzhhorod? Saya melihat tidak ada perbedaan antara kedua kota tersebut," sambungnya. 

Pernyataan terkait tidak adanya perang di Kiev ini menjadi komentar kontroversial yang disampaikan Fico mengenai perang Rusia-Ukraina. Sebelumnya, ia sudah melarang mengirimkan bantuan militer ke Ukraina. 

Baca Juga: NATO Siapkan Rp18,7 Triliun untuk Tambah Amunisi Perang Ukraina

2. Dapat kecaman dari sejumlah pihak

Menanggapi pernyataan kontroversial Fico, anggota parlemen Ukraina Oleksyi Goncharenko menampik itu semua. Ia pun mengungkapkan kemarahannya dan menyindir Fico soal situasi di Kiev. 

"Biarkan saya beritahu Anda tentang sehari di Kiev. Hari ini, semua orang harus bangun pada pukul 05.43 pagi hari karena ada peringatan serangan udara. Kemudian sejam kemudian ada ledakan pertama. Bagaimana hari ini di Bratislava?" ungkap Goncharenko. 

Dilaporkan Ukrinform, anggota parlemen Uni Eropa (UE) Manfred Weber mendesak agar Fico berkunjung langsung ke Kiev untuk mengetahui kondisi terkini di sana. 

"Dia seharusnya langsung datang ke Kiev. Pernyataan Fico jelas sudah membuat marah dan tidak menghormati seluruh rakyat Ukraina," ujarnya. 

3. Terjadi serangan udara di Kiev, Kharkiv dan Kherson

Pada Selasa, diketahui sudah ada sirine peringatan serangan udara di Kiev. Pejabat lokal pun mengatakan bahwa serangan udara di sekitar ibu kota negara sudah mengakibatkan 20 orang terluka, termasuk seorang anak laki-laki berusia 13 tahun. 

Dilaporkan Reuters, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, serangan misil besar-besaran dari Rusia di Kharkiv dan Kherson mengakibatkan 18 orang tewas. Bahkan, 130 orang dilaporkan terluka dan ratusan rumah hancur. 

Sejak pecahnya perang Rusia-Ukraina, terdapat 967 peringatan serangan udara di Kiev atau secara total mencapai 1.133 jam. Seluruh transportasi dihentikan selama dibunyikannya sirine peringatan serangan udara dan stasiun kereta bawah tanah digunakan untuk shelter bom. 

Baca Juga: Ukraina Berharap Indonesia Hadir di KTT Perdamaian Swiss 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya