Polandia Temukan Sisa Misil Rusia di Wilayahnya

Diduga ditembakkan pesawat Rusia di Ukraina

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Polandia mengumumkan hasil investigasi objek yang ditemukan di area hutan Bydgoszcz pada April lalu, pada Rabu (10/5/2023). Terdapat laporan benda tersebut merupakan misil Rusia yang diduga dampak dari perang di Ukraina. 

Relasi Polandia-Rusia terus menegang belakangan ini akibat penyitaan bangunan sekolah Rusia di Warsawa. Pekan lalu, Polandia juga memanggil Duta Besar Rusia di negaranya terkait pernyataan politikus Rusia yang memperbolehkan membunuh perwakilannya di Moskow. 

Baca Juga: Bos Wagner Sebut Tentara Rusia Kabur dari Bakhmut Ukraina 

1. Objek misterius diduga sebagai misil KH-55

Dua media swasta Polandia, RMF FM dan Polsat News mengungkapkan Institut Teknologi Angkatan Udara Polandia menemukan hasil awal investigasi, dua objek tersebut merupakan misil KH-55 milik Rusia. 

Menanggapi hal ini, Kementerian Pertahanan Polandia dan Kedubes Rusia menolak memberikan komentar. Sedangkan, Institut Teknologi Angkatan Udara Polandia masih belum dapat dihubungi untuk memastikan kebenaran klaim tersebut. 

Sementara itu, analis pertahanan, Jakub Palowski mengatakan bahwa objek tersebut memang sebuah misil. Ia memperkirakan bahwa sisa misil itu ditembakkan dari pesawat bomber Rusia untuk menyasar sistem pertahanan Ukraina, dilaporkan Newsweek.

KH-55 merupakan misil udara yang dibangun pada masa Uni Soviet. Misil laut tersebut diketahui memiliki kemampuan dalam membawa nuklir. 

Baca Juga: Wali Kota Polandia Tewas Terjatuh dari Lantai 4 Hotel di Italia

2. Morawiecki harapkan laporan bisa segera dipublikasikan

Polandia Temukan Sisa Misil Rusia di WilayahnyaPerdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki. (twitter.com/MorawieckiM)

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki mengharapkan agar Kementerian Pertahanan segera memublikasikan laporan hasil investigasi objek yang diduga misil Rusia di dekat Bydgoszcz. 

"Saya pikir Wakil Perdana Menteri, dan Menteri Pertahanan, Mariusz Blaszczak akan segera memublikasikan hasil investigasi tersebut," tutur Morawiecki ketika ditanya mengenai hasil laporan investigasi, dilansir The First News.

Sementara, Komandan Operasional Tentara Polandia, Jenderal Tomasz Piotrowski mengungkapkan bahwa pakar masih berusaha mencari dan menentukan asal objek tersebut. Mereka juga masih meneliti situasi bagaimana objek itu masuk ke dalam hutan. 

"Beberapa hipotesis telah berkembang. Kami sudah punya beberapa bukti yang mungkin berhubungan dengan kejadian di Zamosc, tak jauh dari Bydgoszcz," sambungnya. 

Baca Juga: Polandia dan Hungaria Batasi Impor Biji-Bijian dari Ukraina

3. Polandia panggil Dubes Rusia soal manuver pesawat di Laut Hitam

Kementerian Luar Negeri Polandia memanggil Duta Besar Rusia di Warsawa, Sergey Andreyev terkait insiden manuver pesawat jet Rusia ketika dihadang pesawat penjaga Polandia di Laut Hitam. 

"Kami mengecam keras tindakan provokatif dan agresif dari Rusia yang merupakan insiden internasional serius," papar Lukasz Jasina. 

Juru bicara pemerintah Polandia, Piotr Mueller mengungkapkan bahwa tindakan dari Rusia ini memang disengaja. Ia juga menyatakan kepada NATO agar dapat mencegah situasi seperti ini terulang kembali. 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya