Polandia-Ukraina Sebut Pasukan Wagner Sudah di Belarus

Digunakan untuk rebut koridor Suwalki

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Intelijen Polandia, Stanislaw Zaryn, mengatakan bahwa pasukan pembunuh bayaran Rusia, Wagner sudah tiba di Belarus pada Sabtu (15/7/2023). Namun, ia tidak tahu secara pasti jumlahnya, tapi menduga jumlah pasukan mencapai beberapa ribu. 

"Kami terus memantau situasi terkini di perbatasan Belarus dan mencari tahu seberapa besar pasukan Wagner yang tiba di sana," ujar Zaryn. 

Pekan lalu, Polandia sudah menerjunkan 1.000 pasukan ke perbatasan Belarus terkait kekhawatiran adanya pasukan Wagner. Menteri Pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak  menyebut ini sebagai bentuk adangan upaya pengrusakan stabilitas dari kemungkinan serangan hybrid.

Baca Juga: Putin Klaim Prigozhin Tolak Gabung Militer Rusia Usai Wagner Membelot

1. Zaryn klaim Wagner adakan latihan gabungan di Belarus

Zaryn menambahkan bahwa pasukan Wagner sudah menjalani latihan tempur setibanya di Belarus. Ia menyebut mereka mengadakan latihan gabungan bersama tentara Belarus. 

"Kami memperkirakan bahwa terdapat ratusan tentara Wagner yang sudah tiba di Belarus, tapi skala keikutsertaannya dalam latihan gabungan di sana masih belum diketahui secara pasti," tutur Zaryn, dikutip The First News.

Ia mengaku khawatir keberadaan Wagner di Belarus akan digunakan untuk kepentingan Rusia seperti yang dilakukan di seluruh dunia. 

"Faktanya, pasukan Wagner telah terlibat dalam berbagai misi untuk kepentingan Kremlin dan menjalani tugas berdasarkan arahan dari Kremlin," sambungnya. 

Baca Juga: Presiden Belarusia: Bos Wagner Sudah Balik ke Rusia 

2. Ukraina sebut Wagner tidak jadi ancaman

Keberadaan Wagner di Belarus diamini oleh juru bicara Badan Penjaga Perbatasan Ukraina, Andriy Demchenko pada Minggu (16/7/2023). Melalui akun Telegram-nya, ia menyebut bahwa pergerakan dari kelompok terpisah dari Rusia sudah ditempatkan di Belarus. 

Dilaporkan TVP World, Demchenko menyebut berdasarkan jumlahnya pasukan Wagner tidak dalam formasi untuk menyerang dan tidak mengancam Ukraina. Namun, mereka cukup untuk menggoyahkan stabilitas di perbatasan Ukraina maupun Polandia. 

Sehari sebelumnya, Demchenko melaporkan bahwa pasukan Wagner berada sekitar 100 km dari perbatasan Ukraina. Ia pun mengatakan akan terus memonitor pergerakan dari setiap unit pasukan Wagner di Belarus. 

3. Kartapolov sebut pasukan Wagner dikirim untuk serang Polandia

Dalam acara televisi lokal, seorang anggota parlemen Rusia, Andrey Kartapolov mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin mengusir pasukan Wagner ke Belarus untuk mempersiapkan serangan ke Polandia. 

Kartapolov menambahkan bahwa pasukan Wagner dikirim ke Belarus untuk melatih tentara Belarus terkait kemungkinan serangan ke Polandia untuk menduduki koridor Suwalki. Pasalnya,wWilayah tersebut cukup penting karena berada di antara Kaliningrad dan Belarus. 

"Ini cukup jelas bahwa PMC Wagner dikirim ke Belarus untuk melatih tentara Belarus. Tidak hanya Tidak kurang dan lebih, terdapat kepentingan di koridor Suwalki. Anda tahu dengan baik tentang ini. Jika sesuatu terjadi, kami sangat menginginkan koridor Suwalki," kata Kartapolov, dikutip Newsweek.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya