Presiden Chile Didenda Usai Swafoto Tanpa Masker

Dikenai denda hingga ribuan dolar AS

Santiago, IDN Times - Presiden Chile, Sebastian Pinera mendapatkan denda setelah memosting sebuah swafoto di akun sosial medianya tanpa menggunakan masker pada hari Jumat (18/12). Orang nomor satu di Chile tersebut dikenai denda karena lalai dalam menjaga aturan protokol kesehatan di negaranya. 

Adanya foto selfie dari orang nomor satu di Chile tersebut sempat membuat heboh media sosial di negara Amerika Selatan tersebut. Atas hal ini Pinera juga meminta maaf kepada seluruh pihak atas kelalaiannya. 

1. Dikenai denda hingga ribuan dollar AS

Pada hari Jumat (18/12) Presiden Chile, Sebastian Pinera dikenai denda oleh otoritas kesehatan negaranya setelah memosting swafoto tanpa menggunakan masker. Bahkan Pinera dikenai denda sebesar 2,5 juta peso Chile atau 3500 dollar AS akibat kesalahannya yang sempat membuat heboh khalayak di negaranya, dikutip dari RT

Melansir dari Reuters, Pinera mengaku dirinya sedang berjalan sendiri di pantai yang tak jauh dari kediamannya di Cachagua. Lalu ada seorang perempuan yang mengenalinya dan meminta dirinya untuk berswafoto bersama. 

2. Pinera meminta maaf kepada seluruh warga Chile

Presiden Chile Didenda Usai Swafoto Tanpa MaskerPresiden Chili, Sebastian Pinera saat mengikuti pemilu konstitusi. twitter.com/sebastianpinera/

Akibat kesalahannya tidak menggunakan masker, Pinera mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh penduduk Chile. Bahkan foto tersebut sempat viral di media sosial selang lima hari diunggah dan menimbulkan kemarahan dari warganya yang menganggapnya tidak patuh terhadap peraturan yang dibuatnya sendiri, dilansir dari RT

"Saya sangat menyesal atas kesalahan saya. Kemarin saya sedang berjalan ke pantai yang terakhir saya lakukan setahun yang lalu. Saya berjalan sendiri hingga seseorang mengenali saya dan meminta swafoto bersama"

"Seharusnya saya mengenakan masker, tapi karena terburu-buru hingga tidak sadar dan itu adalah kesalahan saya yang saya sesali. Saya meminta maaf tanpa keraguan karena kesehatan sangatlah penting demi mengindari infeksi baru dan kita harus menghargai dan mematuhi aturan"

Baca Juga: Perayaan Natal di Gereja, Jemaat Harus Pakai Masker dan Face Shield 

3. Bukan kesalahan Pinera yang pertama kali

Berdasarkan laporan dari Reuters, Presiden Pinera sebelum melakukan pelanggaran ini, sempat melakukan aksi kontroversial. Pada tahun lalu, Pinera juga kedapatan pergi ke kedai pizza di Santiago ketika sedang ramainya demonstrasi besar terkait ketimpangan di Chile. Kemudian ia juga memosting foto di sebuah lapangan yang menjadi pusat demonstrasi setelah pandemi mengharuskan orang untuk berada di rumah.

Hingga kini Chile mencatat sebanyak 581.135 kasus dan 16.051 kematian akibat COVID-19 sejak mulainya pandemi pada bulan Maret lalu. Selain itu, Chile juga mencatat kasus COVID-19 terbanyak pada musim dingin di belahan Bumi selatan antara bulan Mei hingga Juni. 

Baca Juga: Ogah Pakai Masker, Pengacara Trump Tularkan COVID Saat Sidang Gugatan

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya