Yunani Diselimuti Salju Terlebat Sejak 1 Dekade Terakhir

Hujan salju langka terjadi di Yunani

Athena, IDN Times - Cuaca dingin bersalju tengah melanda sebagian besar wilayah Yunani sejak beberapa hari belakangan ini. Tak terkecuali area ibukota Athena yang sudah diguyur hujan salju lebat sejak hari Senin (15/02) dan menyebabkan terganggunya lalu lintas dan aliran listrik.

Bahkan hujan salju lebat di Yunani kali ini disebut sebagai yang terbesar selama lebih dari satu dekade terakhir. Serta diprediksi hujan salju akan terjadi dalam beberapa hari kedepan. 

1. Hujan Salju terlebat dalam 12 tahun terakhir

Sejak Sabtu (13/02) cuaca dingin dan hujan salju sudah mencapai wilayah Yunani bagian utara, sementara baru memasuki wilayah Athena pada hari Senin (15/02). Bahkan temperatur udara di bagian utara Yunani yang mencapai angka -20 derajat Celcius, dikutip dari Anadolu Agency

Di samping itu, hujan salju lebat yang melanda Athena dan sebagain wilayah Yunani lainnya disebut yang terlebat dalam 12 tahun belakangan ini. Padahal selama ini hujan salju sangat jarang terjadi di Yunani, setelah beberapa tahun sebelumnya dilanda cuaca hangat, dilansir dari Reuters

2. Sebabkan listrik mati dan kekacauan lalu lintas

Baca Juga: Parlemen Yunani Setujui Aturan Polisi Universitas

Melansir dari Anadoly Agency, akibat hujan salju lebat di Athena membuat pemerintah setempat menutup jalan nasional menuju ke bagian tengah Yunani dan Thessaloniki. Bahkan di wilayah Attica, pemerintah mengharuskan pengendara menggunakan santai salju karena tebalnya tumpukan salju. 

Pemadaman listrik juga terjadi di Kepulauan Sporades dan Aegean yang disebabkan banyaknya pohon tumbang. Namun pemerintah setempat sudah berupaya untuk mengembalikan aliran listrik. Selain itu, otoritas Yunani juga melakukan pembatasan pergerakan warga untuk pergi ke luar rumah kecuali hanya untuk keperluan mendesak, dilaporkan dari Ekhatimeirini.

3. Hujan salju terjadi di wilayah kepulauan Yunani

Yunani Diselimuti Salju Terlebat Sejak 1 Dekade TerakhirHujan salju di Santorini, Yunani. instagram.com/greekgateway/

Hujan salju lebat diprediksi akan melanda wilayah tengah, selatan, dan timur Yunani dalam beberapa hari kedepan, termasuk ibukota Athena dan Pulau Kreta. Selama ini hujan salju sangat jarang terjadi di Yunani bagian selatan beserta wilayah kepulauan. Namun hanya umum terjadi di wilayah pegunungan dan bagian utara negara Mediterania tersebut, dilaporkan dalam AP News

Menurut Badan Pengamat Cuaca Nasional, suhu udara terendah tercatat berada di angka -19,9 derajat Celcius di Mesovouno, Kozani. Sedangkan suhu tertingginya hanya -13,7 derajat Celcius yang terekam di Kota Florina, dikutip dari Anadolu Agency

Pemerintah Yunani juga tengah mengadakan pertemuan untuk merespon cuaca ekstrem yang melanda negaranya. Bahkan akibat cuaca buruk ini, kapal-kapal di Pelabuhan Piraeus tidak diperbolehkan berlayar menuju ke Pulau Kreta, Dodecanese dan Kyklades karena adanya angin kencang.

Baca Juga: Yunani Beli 18 Jet Rafale Prancis Seharga 2,32 Miliar Euro

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya