Dikabarkan Meninggal Dunia, Presiden Nigeria Muncul di Polandia

Banyak rakyat Nigeria menilai ia telah dikloning

Warsawa, IDN Times - Pernah dikabarkan telah meninggal dunia, Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, justru muncul di Polandia dalam menghadiri Konferensi PBB. Bahkan, ia juga dirumorkan merupakan hasil kloningan yang mirip sekali dengan Buhari sehingga Buhari membantah dengan tegas rumor tersebut. Bagaimana awal ceritanya?

1. Berawal dari kabar berita hoax oleh orang Sudan

Dikabarkan Meninggal Dunia, Presiden Nigeria Muncul di Polandiatwitter.com/irishtimesvideo

Dilansir dari BBC, Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, membantah semua berita bohong yang menyebut dirinya telah meninggal dunia. Kabar hoax tersebut berawal dari seorang pembuat berita palsu asal Sudan sehingga menggemparkan seluruh rakyat Nigeria pada awal 2018 lalu.

Bahkan, kemunculan di Polandia dengan menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB dinilai sebagian besar rakyatnya merupakan hasil dari kloningan yang mirip dengan sosok Buhari dan dianggap sebagai "Jubril" dari Sudan yang disebarkan luas di dunia maya.

"Salah satu pertanyaan yang muncul hari ini dalam pertemuan saya dengan orang Nigeria di Polandia adalah masalah apakah saya sudah dikloning atau tidak. Desas-desus yang tidak menghiraukan itu tidak mengherankan ketika saya pergi berobat tahun lalu, banyak orang berharap saya mati," ungkap pernyataan dari Buhari seperti yang dikutip dari CNN.

2. Buhari sendiri masih merahasiakan penyakit yang dideritanya selama ini

Dikabarkan Meninggal Dunia, Presiden Nigeria Muncul di Polandiatwitter.com/cbngov_akin1

Pada tahun 2017 lalu, Buhari menjalani cuti selama 5 bulan dengan berobat di Inggris. Sampai saat ini, Buhari masih merahasiakan penyakit yang dideritanya. Memang ketidakhadirannya sebagai kepala negara Nigeria pada saat itu menimbulkan spekulasi luas mengenai keberadaan Buhari, apalagi sebelumnya dikabarkan sakit dalam jangka waktu yang begitu lama.

Ada 2 orang tokoh Nigeria yang diduga telah menyebarkan foto-foto Buhari yang diduga telah meninggal dunia, diantaranya Goodluck Jonathan, yang tak lain adalah mantan Presiden Nigeria periode 2010 hingga 2015, serta Nnamdi Kanu, yang merupakan pemimpin kelompok separatis Masyarakat Adat Biafra (IPOB). 

Baca Juga: Terbukti Menerima Suap, Pelatih Nigeria Salisu Yusuf Diberikan sanksi

3. Beberapa minggu lagi, Buhari akan berulang tahun yang ke-76

Dikabarkan Meninggal Dunia, Presiden Nigeria Muncul di Polandiatwitter.com/MalaTujjani73

Buhari telah menantikan momen bahagianya ketika akan berulang tahun yang ke-76 pada tanggal 17 Desember nanti. "Jika saya dilecehkan oleh siapa saja, itu adalah cucu-cucu saya, yang terlalu banyak," ungkap pernyataan Buhari seperti yang dikutip dari The Guardian.

Sebuah video dari Presiden yang menjawab semua teka-teki selama ini membuat beberapa rekannya tertawa mendengarnya dan telah diposting ke akun Twitter miliknya sendiri. Buhari dikabarkan akan mengikuti Pemilu Presiden Nigeria pada tahun depan dimana mantan Wakil Presiden Nigeria, Atiku Abubakar, akan menjadi penantang Buhari dalam Pemilu mendatang.

Pihak oposisi bahkan menuding kesehatan dari Buhari sendiri dinilai sebagai bentuk kampanye besar, namun dia bersikeras bahwa dirinya masih sehat walafiat hingga saat ini.

Baca Juga: Terancam Sanksi, Presiden Nigeria Ikuti Aturan Statuta FIFA

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya