Gubernur Puebla, Meksiko Dilaporkan Tewas Akibat Kecelakaan Helikopter

Ia baru saja dilantik sejak tanggal 14 Desember 2018 lalu

Meksiko, IDN Times - Gubernur Puebla, Meksiko, Martha Erika Alonso, dikabarkan tewas dalam kecelakaan helikopter bersama suaminya yang juga mantan Gubernur Puebla, Rafael Moreno Valle, yang kini adalah seorang senator. Padahal, Alonso sendiri baru saja dilantik pada tanggal 14 Desember 2018 lalu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Kepolisian Meksiko telah melakukan investigasi mengenai kecelakaan ini

Gubernur Puebla, Meksiko Dilaporkan Tewas Akibat Kecelakaan Helikoptertwitter.com/POLSEdmonton

Dilansir dari BBC, helikopter yang membawa Martha Erika Alonso bersama suaminya, Rafael Moreno Valle, kecelakaan tak lama setelah lepas landas yang mengakibatkan seluruh penumpang, termasuk kedua pilot, dikabarkan tewas. Kejadian ini terjadi pada tanggal Senin, 24 Desember 2018, malam waktu setempat. Para pejabat setempat mengatakan penyebab kecelakaan helikopter ini mengalami kegagalan mesin dan pihak kepolisian melakukan investigasi mengenai kejadian ini.

Menteri Keamanan Meksiko, Alfonso Durazo, mengatakan helikopter yang ditumpangi mereka ini sebenarnya berangkat menuju Mexico City dan hilang kontak dengan kontrol lalu lintas udara selama 10 menit setelah lepas landas. Helikopter tersebut jatuh di kota Santa Maria Coronarago, yang berjarak 3,5 mil di utara bandara utama kota pinggiran barat Puebla, Meksiko.

"Pada titik ini, tidak ada bukti yang dapat mengarahkan kami untuk menyimpulkan bahwa penyebabnya tidak terkait dengan bagaimana helikopter berfungsi," ungkap pernyataan Alfonso Durazo seperti yang dikutip dari BBC.

Alonso baru saja dilantik sebagai Gubernur Puebla pada tanggal 14 Desember 2018 lalu dan menjadikannya sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Gubernur Puebla sepanjang sejarah. Sedangkan suaminya menjabat Gubernur Puebla sejak tahun 2011 hingga 2017 lalu.

2. Presiden Meksiko menilai penyelidikan kecelakaan ini akan mengungkapkan kebenaran

Gubernur Puebla, Meksiko Dilaporkan Tewas Akibat Kecelakaan Helikoptertwitter.com/KBCChannel1

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, mengatakan penyelidikan atau investigasi kecelakaan ini akan mengungkapkan kebenaran tentang apa yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Tak ketinggalan, ia juga menyampaikan turut berbelasungkawa kepada keluarga kedua politisi ini. Kecelakaan ini sendiri terjadi setelah tewasnya para pejabat tinggi Meksiko dalam kejadian serupa selama bertahun-tahun, termasuk pada tahun 2011 lalu yang menimpa Menteri Dalam Negeri Meksiko, Francisco Blake Mora. 

Awal tahun 2018, sebanyak 13 orang tewas ketika helikopter yang ditumpangi salah seorang menteri di Meksiko menabrak kerumunan, meskipun menteri tersebut dikabarkan selamat atas kejadian ini. Sebelumnya, baik helikopter maupun pilot yang membawa helikopter ini justru memiliki semua otorisasi dan dokumen yang diperlukan untuk mengoperasikan penerbangan secara up to date dan teratur.

3. Parlemen Puebla harus menunjuk pengganti sementara hingga diadakan pemilihan gubernur baru

Gubernur Puebla, Meksiko Dilaporkan Tewas Akibat Kecelakaan Helikoptertwitter.com/Mayowasblog

Dengan tewasnya Martha Erika Alonso, kini parlemen Puebla harus menunjuk pengganti sementara hingga Pemilihan Gubernur diadakan kembali. Partai Morena, yang merupakan sayap kiri pemerintahan Meksiko, menuduh penyimpangan dan kecurangan yang meluas dalam proses Pemilihan Gubernur pada Juli 2018 lalu. Lawan dari Alonso di Pemilihan Gubernur 2018 lalu, Manuel Barbosa, menyebut tewasnya Alonso merupakan tragedi yang tak seorang pun menginginkan kejadian ini. 

"Saya terkejut dan berduka. Simpati saya kepada orang-orang yang mereka cintai. Ini bukan saatnya untuk membuat spekulasi," ungkap pernyataan Manuel Barbosa seperti yang dikutip dari BBC. Selama proses Pemilihan Gubernur, Alonso berhasil mengalahkan Manuel Barbosa, yang tak lain adalah kandidat favorit dari Presiden Meksiko. Beberapa oposisi politisi menyerukan penyelidikan independen. 

Seperti yang diketahui, Alonso merupakan kader dari partai PAN (Partai Aksi Nasional) dan begitu juga dengan suaminya yang merupakan kader dari partai serupa dan saat ini menempati jabatan senator di Meksiko.

Baca Juga: Kecelakaan Kereta Api Cepat di Turki Tewaskan 9 Orang

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya