Comscore Tracker

Kabar Penemuan Lukisan Picasso yang Sebelumnya Hilang Itu Hoax

Lukisan ini telah hilang sejak tahun 2012 lalu

Den Haag, IDN Times - Penemuan lukisan Picasso di sebuah hutan yang ada di Rumania dikabarkan hoax. Pasalnya, kabar penemuan ini sendiri telah beredar dalam beberapa hari terakhir ini. Lukisan tersebut telah hilang sejak tahun 2012 lalu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Berawal dari seorang penulis yang menerima surat tanpa diketahui identitasnya

Kabar Penemuan Lukisan Picasso yang Sebelumnya Hilang Itu Hoaxtwitter.com/JoWe1980

Dilansir dari BBC, sebelumnya sempat beredar kabar bahwa penemuan lukisan Picasso yang hilang dicuri sejak 2012 lalu telah ditemukan. Hal ini berawal dari seorang penulis Belanda asli Rumania, Mira Feticu, menerima surat dengan pengirim yang diketahui berasal dari dua direktur Belgia. 

Di surat tersebut berisi petunjuk lukisan Picasso yang hilang itu berada di sebuah hutan yang ada di Rumania Timur. Akan tetapi, Feticu merasa kecewa karena saat tiba ditempat yang sesuai dengan petunjuk, ia merasa ditipu oleh mereka. Wajar saja Feticu sangat marah dengan situasi seperti ini apalagi lukisan tersebut sudah hilang sejak 6 tahun lalu.

2. Pihak otoritas Rumania sebelumnya sempat memeriksa lukisan Picasso tersebut asli atau tidak

Kabar Penemuan Lukisan Picasso yang Sebelumnya Hilang Itu Hoaxtwitter.com/mirafeticu

Setelah Feticu menerima surat tersebut, pihak otoritas Rumania, NOS, segera memeriksa lukisan Picasso ini apakah lukisan itu asli atau tidak. Sayangnya, keesokan harinya Feticu segera melapor kepada NOS bahwa kabar tersebut palsu. 

Ia juga menjelaskan surat yang diberikan oleh dua direktur Belgia ini merupakan bagian dari proyek yang disebut "True Copy" yang didekasikan untuk pemalsu Belanda terkenal, Geert Jan Jensen, yang dikenal dengan membuat berbagai koleksi Eropa yang palsu hingga ia tertangkap pada tahun 1994.

Baca Juga: Lukisan Berharga Picasso yang Pernah Dicuri Ditemukan di Rumania

3. Kasus pencurian lukisan Picasso ini dikenal sebagai pencurian abad ini

Kabar Penemuan Lukisan Picasso yang Sebelumnya Hilang Itu Hoaxtwitter.com/ADnl

Pada tahun 2012 lalu, kasus pencurian lukisan Picasso yang diperkirakan bernilai 200 juta euro pada saat itu dianggap sebagai pencurian abad ini. Sebanyak 4 orang pelaku telah ditangkap dan bertanggung jawab atas kasus ini. Tak hanya itu saja, mereka juga mengambil lukisan-lukisan terkenal lainnya dan sampai saat ini lukisan-lukisan tersebut belum ditemukan hingga saat ini. 

Beberapa bagian lukisan dikhawatirkan telah rusak karena dibakar oleh salah satu orang tua dari pelaku perampokan ini. Pengakuannya kepada polisi membuat pihak kepolisian langsung terjun ke desa tempat tinggalnya dan tiba-tiba saja orang tua tersebut mencabut pengakuannya.

Baca Juga: 9 Quotes Pablo Picasso Paling Inspiratif, Pahami & Hidupmu Berubah!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya