Comscore Tracker

Kartu Stasi Milik Vladimir Putin Telah Ditemukan di Jerman

Ia sendiri mengaku bangga pernah menjadi bagian dari mereka

Dresden, IDN Times - Kartu Stasi milik Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah terungkap dan ditemukan di Dresden yang menunjukkan dirinya pernah sebagai mata-mata Uni Soviet di Jerman Timur. Vladimir Putin sendiri mengaku bangga pernah menjadi bagian dari mereka. Bagaimana awal ceritanya?

1. Putin telah bekerja selama 4 tahun menjadi bagian dari mata-mata Uni Soviet

Kartu Stasi Milik Vladimir Putin Telah Ditemukan di Jermantwitter.com/aClassicLiberal

Dilansir dari Telegraph, para peneliti di Jerman telah menemukan sebuah kartu Stasi ID yang menunjukkan nama Vladimir Putin selama bekerja sebagai perwira KGB atau mata-mata Uni Soviet di Jerman Timur pada akhir perang dingin. Temuan tersebut terjadi di pusat dokumentasi Stasi di Dresden, Jerman, yang mengarsipkan kegiatan polisi rahasia Jerman Timur yang sangat kuat.

Pengarsip sendiri menindaklanjuti penyelidikan media yang tidak terkait ketika mereka menemukan kartu identitas milik Putin di antara beberapa dokumen pelatihan petugas. Sebelum masuk ke dunia politik, Putin telah bekerja selama 4 tahun sebagai agen mata-mata Rusia di Dresden pada tahun 1980an dan menyaksikan runtuhnya negara komunis secara langsung. Putin sendiri mengaku bangga pernah menjadi bagian dari mereka. 

2. Kartu tersebut membuat Putin bisa mengakses ke polisi rahasia

Kartu Stasi Milik Vladimir Putin Telah Ditemukan di Jermantwitter.com/MagusPerde

Direktur Arsip Stasi di Dresden, Konrad Fielber, mengatakan bahwa kartu stasi milik Putin ini memberinya akses luas ke kantor polisi rahasia. "Ini benar-benar sensasi kecil. Ini berarti dia tidak perlu memberi tahu siapa pun bahwa dia bekerja untuk KGB," ungkap Konrad Fielber seperti yang dikutip dari Telegraph.

Foto dari kartu stasi tersebut menunjukkan bahwa kartu itu dikeluarkan pada tahun 1986 dan masa keanggotaannya akan berakhir hingga tahun 1989. Terlihat foto Putin yang agak sedikit cemberut di foto hitam putih dan berbeda sekali jika dibandingkan dengan foto sekarang. Tetapi Fielber memperingatkan agar tidak langsung mengambil kesimpulan bahwa orang yang berkuasa di Rusia ini diam-diam masuk ke dalam daftar stasi.

"Ini tidak membuktikan bahwa dia bekerja untuk Stasi," ungkap pernyataan Fielber yang dikutip dari Telegraph

3. Putin fasih dalam berbahasa Jerman tanpa ada cacat sedikitpun

Kartu Stasi Milik Vladimir Putin Telah Ditemukan di Jermantwitter.com/globalissuesweb

Juru bicara dari Presiden Rusia mengatakan bahwa KGB dan Stasi merupakan sekutu, oleh karena itu seseorang tidak dapat mengesampingkan bahwa mereka bisa bertukar kartu identitas. Ketika Putin selama di Dresden masih diselimuti kerahasiaan, ia diketahui telah berhasil menghalangi para pengunjuk rasa dari membobol kantor KGB selama revolusi demokratik pada tahun 1989.

Putin saat itu mengatakan kepada orang banyak bahwa mereka tidak punya hak untuk memasuki wilayah Rusia sementara pihak militer memuat sebuah Kalashnikov di sebelahnya. Putin juga ternyata bisa berbicara bahasa Jerman secara fasih tanpa adanya cacat sekalipun, sesuatu yang pernah digunakannya di masa lalu untuk merayu para politisi Jerman.

Setahun setelah pertama menjabat ia berbicara kepada parlemen Jerman pada tahun 2001 sehingga membuat terlihat lebih menarik antara pihak Jerman dan Rusia.

Baca Juga: Ukraina Bentrok, Trump Kabarnya Akan Batalkan Pertemuan Dengan Putin

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya